Monday, 6 May 2024
HomeBeritaSederet Manfaat Mentimun untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Berat Badan

Sederet Manfaat Mentimun untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Berat Badan

Bogordaily.net– umumnya dianggap sebagai sayuran, meski sebenarnya termasuk buah. memiliki kandungan kalori yang rendah dan mengandung banyak air. Kandungannya yang ringan membuat membuat ideal untuk meningkatkan hidrasi dan membantu penurunan berat badan.Menyadur Your Say Suara.com dari healthline.com, berikut beberapa manfaat lain mengonsumsi bagi kesehatan:

Tinggi akan nutrisi

Meskipun rendah kalori, kaya akan vitamin dan mineral. Setiap 300 gram mentah yang tidak dikupas, mengandung sebanyak 45 kalori, 0 gram lemak, 11 gram karbohidrat, 2 gram protein, 2 gram serat, 14% vitamin C, 62% vitamin K, 10% magnesium, 13 % kalium, dan 12% mangan. Umumnya, disajikan sebagai pelengkap makanan sebanyak sepertiga dari , yang berarti porsi standar akan menyediakan sekitar sepertiga dari nutrisi di atas. Selain itu, memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Faktanya, mentimun terdiri dari sekitar 96% air. Untuk memaksimalkan kandungan nutrisinya, mentimun sebaiknya dimakan tanpa dikupas. Hal ini dikarenakan mengupas kulit mentimun dapat mengurangi jumlah serat, serta vitamin dan mineral tertentu yang terkandung didalamnya.

Mengandung antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang berperan menghalangi proses oksidasi, yaitu reaksi kimia pembentuk atom yang sangat reaktif dengan elektron yang tidak berpasangan atau biasa dikenal sebagai radikal bebas. Radikal bebas dapat memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel. Kandungan yang terdapat pada buah dan sayuran, seperti mentimun, sangat kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kondisi tersebut. Selain mencegah akumulasi radikal bebas, antioksidan yang terkandung dalam mentimun juga dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

Membantu hidrasi dalam tubuh

Air memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan fungsi tubuh. Air berperan penting dalam proses seperti pengaturan suhu, transportasi makanan, dan nutrisi.  Karena mentimun terdiri dari sekitar 96% air, buah ini sangat efektif dalam meningkatkan hidrasi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harian dalam tubuh. Sebab, kandungan air dan nutrisi yang tinggi, buah dan sayuran, seperti mentimun dapat menjadi sumber air yang baik dalam menjalankan program diet.

Membantu menurunkan berat badan

Mentimun bisa dikonsumsi saat diet. Selain kandungan air yang banyak, mentimun juga mengandung kalori yang rendah. Hal ini berarti, kamu dapat mengonsumsi banyak mentimun tanpa menambah kalori ekstra yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Memperlancar pencernaan

Mengonsumsi mentimun secara teratur dapat membantu memperlancar buang air besar secara teratur. Mentimun mengandung banyak air yang dapat meningkatkan hidrasi. Kondisi tubuh yang terhidrasi dapat meningkatkan konsistensi tinja, mencegah sembelit dan membantu menjaga keteraturan dalam pembuangan. Tak hanya itu, mentimun juga mengandung serat yang dapat membantu mengatur pergerakan usus.

Mudah diaplikasikan

Mentimun banyak digunakan sebagai pelengkap dalam makanan. Rasanya yang cenderung netral membuat buah yang satu ini cocok digunakan di berbagai jenis makanan. Tak hanya sebagai pendamping, mentimun juga cocok dijadikan jus segar. Teksturnya yang renyah dan menyegarkan juga membuat timun sering dijadikan sebagai salad. Terbukti hanya dengan sedikit kreativitas, mentimun bisa dinikmati dengan berbagai cara.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here