Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorSultan Ternate Sematkan Gelar Guru Besar Kepada Rektor IPB University

Sultan Ternate Sematkan Gelar Guru Besar Kepada Rektor IPB University

Bogordaily.net , Profesor Arif Satria, saat melakukan kunjungan ke Kedaton Kesultanan Ternate, menerima gelar Joguru Malamo atau , pada Minggu, 27 Februari 2022.

Dalam kunjungannya, Prof. Arif Satria disambut langsung oleh Hidayatullah Sjah di pendopo kesultanan, Ternate.

Prosesi pemberian gelar adat dilakukan dengan persetujuan Dewan Adat Kesultanan Ternate dan dihadiri oleh sejumlah perangkat adat. Gelar kehormatan ini diberikan atas dasar pengabdian serta kontribusi orang-orang berilmu di dunia pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Pada hari yang sama, Prof Arif Satria mengisi kuliah umum di Institut Agama Islam Negeri Ternate. Kuliah umum mengangkat tema “Transformasi Sosial dan Ikhtiar Membangun Masa Depan Kemanusiaan dan Peradaban.” Ia juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bertemu dengan Alumni di Ternate.

Sementara, Prof Arif Satria mengatakan, gelar adat yang disematkan padanya menjadi gelar pertama dari masyarakat adat. Ia pun mengapresiasi Sultan Hidayatullah atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

“Ini merupakan kepercayaan. Insya Allah kita akan perkuat untuk menjalankan amanah ke depan,” kata Arif usai prosesi penyerahan gelar adat, sumber dari republika.

Selain mendapat gelar adat, Prof Arif Satria juga menjalin kerja sama dengan Kesultanan Ternate. Kerja sama yang terjalin  diharapkan dapat menjadi solusi dan inspirasi atas masalah-masalah yang terjadi di daerah maupun nasional. Terutama Kesultanan Ternate punya posisi penting dalam sejarah panjang di Nusantara dan berfungsi menstabilkan masyarakat.

“Daya transformasi Kesultanan Ternate itu perlu kita perkuat karena banyak kearifan lokal dan luhur di kerajaan ini yang harus kita tebarkan kepada masyarakat,” paparnya.

itu mengaku, saat ini pihaknya sedang mencoba mengembangkan budidaya kenari sebagai komoditas  lokal yang banyak tumbuh di Pulau Makian, Halmahera Selatan.

“Sekarang sedang kita pikirkan, tentunya melalui riset,  bagaimana membudidayakan kenari agar lebih cepat dan efisien,” tambah Prof Arif Satria.

Dengan diberikannya gelar   kepada , Sultan Hidayatullah berharap agar hubungan antara Kesultanan Ternate dengan IPB University, semakin erat dalam berbagai kerjasama. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here