Thursday, 2 May 2024
HomePolitikSurvei Litbang Kompas: Prabowo Teratas Ditempel Ganjar dan Anies, Puan Nol Koma

Survei Litbang Kompas: Prabowo Teratas Ditempel Ganjar dan Anies, Puan Nol Koma

Bogordaily.net– Litbang Kompas terkait kepemimpinan nasional menunjukkan sejumlah elite partai politik memperoleh elektabilitas beragam. Jika pemilu diselenggarakan saat survei dilakukan, maka hasilnya Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan berada di posisi teratas dengan raihan 26,5 persen, diikuti Ganjar Pranowo di posisi kedua sebesar 20,5 persen dan Anies Baswedan di posisi ketiga yang meraih 14,2 persen.

Selisih elektabilitas Prabowo jauh dengan sejumlah elite parpol lainnya yang masih di bawah 5 persen. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno tercatat memiliki elektabilitas sebesar 4,9 persen, disusul oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan elektabilitas 3,7 persen.

Sebagaimana dikutip dari Kompas.com, elite parpol lain yang masuk bursa pilpres kali ini adalah dua ketua DPP PDI-P yakni Tri Rismaharini dan Puan Maharani. Keduanya masing-masing mengantongi elektabilitas 2,6 persen dan 0,6 persen.

Nama-nama elite partai yang digadang-gadang maju sebagai calon presiden tidak tercantum pada survei ini, seperti Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Giring Ganesha. Sejumlah nama non-elite partai politik tercatat juga masuk Litbang Kompas, di antaraya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (20,5 persen) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (14,2 persen).

Sementara itu survei ini diselenggarakan Litbang Kompas pada 17-30 Januari 2022 melalui wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden pada 17-30 Januari 2022 lalu. Para responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Dengan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian ± 2,8 persen.***

Berikut hasil lengkap :

: 26,5 persen

Ganjar Pranowo: 20,5 persen

Anies Baswedan: 14,2 persen

Sandiaga Uno: 4,9 persen

Agus Harimurti Yudhoyono: 3,7 persen

Basuki Tjahaja Purnama: 2,9 persen

Ridwan Kamil: 2,6 persen

Tri Rismaharini: 2,6 persen

Andika Perkasa: 2 persen

Gatot Nurmantyo: 1,4 persen

Erick Thohir: 1,1 persen

Mahfud MD: 1,1 persen

Puan Maharani: 0,6 persen

Lainnya: 4,1 persen

Tidak ada/tidak tahu/rahasia: 11,8 persen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here