Wednesday, 24 April 2024
HomeTravellingTak Perlu Jauh-Jauh ke Inggris, Bondowoso Juga Punya Keindahan Seperti Stonehenge

Tak Perlu Jauh-Jauh ke Inggris, Bondowoso Juga Punya Keindahan Seperti Stonehenge

Bogordaily.net – Bagi para pecinta sejarah seringkali terheran-heran melihat bangunan kuno yang dibangun oleh peradaban yang hidup jauh sebelum zaman modern, tapi mampu membangun sebuah bangunan luar biasa yang seakan melampaui zamanya. wisata batu di , Betoh So'0n atau The Stonehenge Van Java.

Bangunan kuno mengagumkan Tak perlu ke Stonehenge di , juga punya . Betoh So'on atau The Van Java, bangunan serupa yang merupakan peninggalan dari zaman pra aksara.
 Situs peninggalan ini dikenal dengan nama “Batu So'on”. Batu So'on bermakna batu yang disunggi dalam bahasa Madura. Susunan batu besar ini mirip Stonehenge dimana terdapat sekumpulan batu besar yang tersusun kemudian ada batu yang berdiri tegak menyunggi batu lainnya.
Bagaimana terbentuk susunan Batu So'on hingga saat ini masih belum diketahui penyebabnya. Karena memiliki potensi wisata yang besar, Batu So'on yang dulunya dikenal dengan nama “Pandepa” atau pendopo, mulai dibuka sebagai tempat wisata pada tahun 2016 oleh Dinas Pariwisata .

Selain menikmati pemandangan mengagumkan dari batu besar yang berdiri gagah serta hijaunya pemandangan alam yang tersaji di sekitarnya, melalui Batu So'on kita bisa mempelajari bahwa peradaban zaman pra aksara di memiliki peradaban yang cukup maju.

batu So'on

Dan Batu So'on sebenarnya memiliki potensi untuk menjadi wisata sejarah kelas internasional semacam Stonehenge jika dikelola dengan serius oleh dinas terkait. Misteri pembangunan Batu So'on pasti mampu menarik minat peneliti maupun turis manca negara.

Selain itu, bagi kamu yang doyan berburu foto, Batu So'on tentu bisa menjadi destinasi foto yang sangat menarik dengan segala keeksotisannya. Cocok juga bagi kamu yang suka selfie dengan latar belakang yang tidak biasa. Tetapi ada satu pantangan yang tidak boleh dilakukan saat berkunjung ke sini, yaitu menaiki susunan batu tersebut karena bisa merusak struktur Batu So'on.

Fasilitas yang ada di Batu So'on sudah cukup lengkap lahan parkir, warung-warung, toko souvenir, dan wahana swafoto.

Rute, Letak, dan Jam Operasional

Bagi kamu yang sudah penasaran untuk berkunjung ke sini, bisa langsung gas ke lokasi yang terletak di Tenggina, Solor, Kec. Cermee, Kabupaten , Jawa Timur.

Dari Alun-alun kota Bondowoso kamu bisa ambil rute ke timur menuju Kabupaten Situbondo. Sebelum masuk perbatasan Situbondo, ambil jalan ke kanan masuk ke jalan menuju Kecamatan Cermee. Terus susuri jalan sampai ke pertigaan, di pertigaan ini belok kanan. Tak jauh setelah itu belok kiri ke Jalan Batu So'on. Dari situ kamu hanya perlu mengikuti papan rambu yang menunjukkan jalan ke lokasi Batu So'on.

Harga tiket masuk ke Batu So'on dibanderol seharga Rp5.000 per orang. Untuk parkir Rp2.000 untuk roda dua dan Rp4.000 untuk roda empat. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06:00 sapai pukul 17:00.

Untuk penginapan, kamu bisa menginap di Hotel Ijen View yang terletak di Jl. Kis Mangunsarkoro No.888, Kec. Bondowoso dengan tarif Rp380.000 per malam. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here