Friday, 3 May 2024
HomeBeritaTerlalu Lama Mandi Bisa Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh, Ini Penjelasannya

Terlalu Lama Mandi Bisa Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh, Ini Penjelasannya

Bogordaily.net–Sebagian besar orang mandi lama dengan harapan bisa membuat tubuh lebih bersih dari kotoran dan bakteri. Nyatanya mandi berlama-lama jutsru bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Nah, Lho!

Dermatologis dr. Ika Anggraini menjelaskan hanya akan mengganggu sistem , khususnya organ kulit yang berarti menjadi lebih kering.

Sedangkan kulit kering memiliki dampak buruk bagi kesehatan, seperti kuman, virus, hingga bakteri yang mudah masuk ke tubuh, sehingga lebih mudah terinfeksi penyakit.

“Itu kurang baik, , karena air bisa faktor penyebab iritan, buat kulit lebih kering, apalagi mandi pakai air hangat,” ujar dr. Ika seperti dikutip Suara.com.

Adapun alasan air hangat bisa menyebabkan kulit kering, sebab suhunya tidak sama dengan suhu kulit, yang membuat kulit tidak bisa menyimpan air lebih lama. Bahkan kandungan minyak alami di kulit juga ikut terkikis.

“Air hangat membuat kulit kita alami penguapan air lebih meningkat. Sehingga sering mandi air hangat pasti kulitnya bersisik, dan itu awal mula kulit bisa iritasi,” jelas dr. Ika.

Sebaliknya, saat kulit cenderung lembap dengan kadar air dan minyak yang terjaga di kulit, maka barier atau lapisan kulit yang terdiri dari beberapa lapisan pertahanan, bisa tetap utuh. Sehingga bakteri, virus hingga kuman sulit masuk ke tubuh lewat kulit dan tidak mudah terserang penyakit.

Nah, solusi menjaga bisa dengan cara menjaga kelembapan kulit, salah satunya langsung menggunakan pelembap sesaat setelah mandi.

“Setelah mandi langsung pakai pelembab pas masih handukan, masih ada airnya pakai pelembab. Tujuannya agar kita bisa menahan air di dalam kulit,” tutupnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here