Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaTewaskan 64 Warga Sipil, 150 Ribu Warga Sipil Tinggalkan Ukraina

Tewaskan 64 Warga Sipil, 150 Ribu Warga Sipil Tinggalkan Ukraina

Bogordaily.net – Badan Perserikatan Bangsa Bangsa () untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan () telah mencatat sedikitnya 240 korban sipil, dengan 64 di antaranya meninggal dunia sejak invasi ke .

Dikutip Al Jazeera pada Minggu 27 Februari 2022 angka korban yang jatuh di lapangan diyakini jauh lebih tinggi karena banyak laporan belum dikonfirmasi.

Selain itu, OCHA juga mencatat sudah ada lebih dari 150 ribu warga yang meninggalkan negara sejak awal serangan yang diperintahkan oleh Vladimir Putin pada Kamis 24 Februari 2022.

Di samping itu, kerusakan infrastruktur sipil telah membuat ratusan ribu orang kehilangan akses ke listrik atau air, sebagian besar di utara, timur dan selatan .

Sementara korban terus berjatuhan, pasukan dilaporkan terus mendekati Kiev.

Menurut keterangan Walikota Vasylkiv, Natalia Balasinovich, rudal telah menghantam kotanya yang berada di barat daya Kiev. Sebuah SPBU juga ikut terhantam dan terbakar.

“Musuh ingin menghancurkan segala sesuatu di sekitarnya,” kata Balasinovich.

Menanggapi serangan , negara-negara Barat telah berkomitmen memberikan bantuan militer. Amerika Serikat (AS) bersama Kanada, Inggris, Jerman, dan Prancis juga telah memblokir bank-bank dari sistem perbankan global SWIFT.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here