Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaTimnas Indonesia Berpotensi Masuk Grup Neraka Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas Indonesia Berpotensi Masuk Grup Neraka Kualifikasi Piala Asia 2023

Bogordaily.net–Meski kenaikan ranking FIFA membuat Timnas Indonesia masuk ke pot ketiga Kualifikasi , hal tersebut ternyata tidak menutup potensi skuad Garuda bergabung di .

Timnas Indonesia berhasil menggeser Singapura dari pot ketiga Kualifikasi usai meraih dua kemenangan di ajang FIFA A Matchday melawan Timor Leste, 27 dan 30 Januari lalu.

Anak asuh Shin Tae-yong berhasil mengalahkan Timor Leste dalam dua kali pertemuan masing-masing dengan skor 4-1 dan 3-0.

Kemenangan atas Timor Leste ini membuat Timnas Indonesia meraih 7,65 poin. Tak pelak, penambahan poin ini membuat ranking tim Merah Putih melejit.

Dilansir Suara.com dari laman FIFA, ranking Timnas Indonesia yang sebelumnya ada di peringkat ke-164, kemudian naik ke peringkat 160 menggeser Singapura.

Karena berhasil menggeser Singapura di ranking FIFA, alhasil Timnas Indoensia lantas masuk ke pot 3 drawing Kualifikasi pada 24 Februari 2022 mendatang.

Naiknya posisi Timnas Indonesia ke pot 3 membuat tim Merah Putih berkesempatan berada satu grup dengan tim lemah dari pot ke-4.

Hanya saja hal tersebut tak menghilangkan fakta bahwa Timnas Indonesia tetap bisa saja tergabung ke kendati ada di pot 3 Drawing Kualifikasi .

Lantas, seberapa besar potensi Timnas Indonesia masuk ke grup neraka di Drawing Kualifikasi nanti?

Sebagai informasi, drawing Kualifikasi akan diikuti oleh 24 negara yang terbagi dalam empat pot. Adapun pembagian pot ini dibai berdasarkan status setiap negara atau ranking FIFA.

Sebanyak 13 negara besar, termasuk tuan rumah China dan juga wakil ASEAN Vietnam, telah memastikan diri lolos lewat jalur Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Australia, dan Qatar.

Jika dilihat dari pembagian Pot yang ada, Timnas Indonesia berpotensi bertemu negara kuat Asia lainnya yang ada di pot 1 dan pot 2.

Di pot 1 ada enam negara kuat yakni Uzbekistan, Bahrain, Yordania, Kyrgyzstan, Palestina dan juga India. Sedangkan di pot 2 ada Tajikistan, Filipina, Turkmenistan, Kuwait, Hong Kong, dan rival Indonesia di ASEAN, Thailand.

Sehingga Timnas Indonesia berpeluang besar berhadapan dengan dua negara dari 12 negara di pot 1 dan pot 2 tersebut yang nantinya akan ditambah satu negara dari pot 4.

Jika melihat kekuatan dan nama besar setiap calon lawannya, Timnas Indonesia bisa dikatakan kalah. Sebagai contoh, Uzbekistan yang ada di pot 1 rata-rata pemainnya ada yang bermain di lima liga top Eropa seperti Eldor Shomurodov (AS Roma).

Ada pula India yang juga dianggap sebagai salah satu kekuatan di Asia. Belum lagi tim-tim dari asal Asia Utara yang punya perawakan Eropa seperti Turkmenistan, Kyrgyzstan, dan Tajikistan.

Selain itu, Timnas Indonesia juga berpotensi bertemu tim-tim Timur Tengah seperti Kuwait, Palestina, Yordania dan juga Bahrain.

Namun di Kualifikasi ini Timnas Indonesia dipastikan takkan bertemu Malaysia yang juga tergabung di pot 3.

Dengan perhitungan tersebut, Timnas Indonesia tetap punya kans lolos ke putaran final andai bisa menang dan setidaknya lolos dengan status runner up grup terbaik.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here