Friday, 19 April 2024
HomeBeritaUkraina Sebut Invasi Rusia Tewaskan 57 Tewas dan 169 Luka-Luka

Ukraina Sebut Invasi Rusia Tewaskan 57 Tewas dan 169 Luka-Luka

Bogordaily.net–Invasi yang digencarkan ke sejak Kamis, 24 Februari 2022 terus menelan korban jiwa. Pemerintah mengumumkan sudah 57 orang tewas dan 169 orang terluka selama serangan itu.

Menteri Kesehatan , Viktor Lyashko dalam keterangannya di saluran TV 1+1 , sebagaimana dikutip CNN Indonesia dari CNN, mengatakan rumah sakit dan pekerja medis juga mendapat ancaman dari . Di Avdiivka dan Vuhledar di Donetsk, sejumlah pekerja medis juga dilaporkan tewas.

Tak hanya korban tewas dan luka, sebanyak seratus orang lebih juga telah bergerak meninggalkan usai kota dibombardir pasukan utusan Vladimir Putin tersebut.

“Melarikan diri dari kekerasan demi keselamatan,” kata badan pengungsi PBB dalam sebuah pernyataan.

“Telah terjadi perpindahan yang signifikan di dalam negeri – tampaknya lebih dari 100.000 orang telah pindah ke dalam perbatasan. Dan telah terjadi pergerakan menuju dan melintasi perbatasan internasional. Tetapi situasinya masih kacau dan berkembang pesat,” kata Matthew Saltmarsh, juru bicara agensi tersebut.

Wakil presiden senior urusan publik global di HIAS, sebuah organisasi pemukiman kembali pengungsi, Melanie Nezer mengatakan biasanya konflik dan eksodus pengungsi ini terjadi seiring berjalannya waktu.

“Anda melihat beberapa orang, lalu beberapa orang lagi,” kata Melanie Nezer.

menginvasi lewat udara, laut, dan darat setelah presiden Vladimir Putin memerintahkan operasi militer khusus di Ukraina bagian timur. Negara-negara Eropa Tengah yang berbatasan dengan Ukraina selama beberapa pekan telah bersiap menerima kedatangan pengungsi yang menyelamatkan diri.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here