Vincent Willem van Gogh, Pelukis Lukisnya Diakui Setelah Kepergiannya

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022 : Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor Ini Syarat dan Lokasi Perpanjang Surat Izin Mengemudi di Kota Bogor

Tokoh ยท 19 Feb 2022 14:51 WIB

Vincent Willem van Gogh, Pelukis yang Seni Lukisnya Diakui Setelah Kepergiannya


 Vincent Willem van Gogh, Pelukis Jenisu Asal Belanda. (dribble/Bogordaily.net) Perbesar

Vincent Willem van Gogh, Pelukis Jenisu Asal Belanda. (dribble/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Vincent Willem van Gogh adalah salah satu pelukis paling terkenal sepanjang sejarah. Ia pelukis pasca-impresionis asal Belanda.

Ironisnya, nama dan karya-karyanya baru mulai diakui dan dikenal secara internasional setelah ia meninggal. Sejumlah pengamat seni menilai lukisan-lukisan karya Van Gogh telah melampaui zamannya.

Sepanjang hidupnya yang serbasusah, Van Gogh telah membuat 2.100 karya seni, termasuk 860 lukisan cat minyak. Namun semasa ia hidup itu, hanya ada 1 lukisannya yang laku terjual.

Padahal saat ini, setelah mati, hampir seluruh karya Van Gogh telah laris terjual. Sejumlah karyanya bahkan tercatat sebagai lukisan-lukisan termahal di dunia. Beberapa lukisannya yang fenomenal antara lain Portrait of Dr. Gachet, The Starry Night, dan The Potato Eaters.

The Start Night, Vincent Willem van Gogh.

Sebelum memilih terjun sebagai pelukis, Van Gogh pernah menjadi pramuniaga di galeri seni milik pamannya di London, Inggris. Ia juga sempat jadi pelayan Tuhan di Borinage, Belgia –sebuah daerah pertambangan batubara yang dihuni penduduk miskin.

Lelaki kelahiran Zundert, Belanda, 30 Maret 1853 ini mulai memutuskan menjadi pelukis pada 1881 sepulangnya dari Borinage, Belgia.

Tidak ada kata telat untuk memulai, pikir Van Gogh di usianya yang 27 tahun lebih saat itu. Tekadnya bulat, meski banyak orang di sekelilingnya, termasuk keluarga besarnya, tak menyetujui keputusan yang ia ambil.

Satu-satunya orang yang setia mendukung keputusan Van Gogh secara total adalah Theo van Gogh, adik kandung kesayangannya.

Sejak kecil, dua dari enam bersaudara itu memang amat dekat. Theo selalu mendukung pilihan karier kakaknya. Bahkan semasa menjadi seniman miskin, Van Gogh mendapat dukungan finansial dari Theo yang seorang pengusaha sukses.

Selama menjadi pelukis, Van Gogh hidup berpindah-pindah. Ia sempat melukis berbagai objek di beberapa kota di Belanda dan Perancis. Namun saat tinggal di Arles, Perancis, Van Gogh mengidap gangguan jiwa akut.

Tanpa alasan jelas, pada Desember 1888, ia memotong telinga kirinya dan memberikannya kepada seorang pelacur. Tentu saja hal ini membuat dia harus dirawat di rumah sakit. Van Gogh juga sempat dirawat di Rumah Sakit Jiwa Saint-Remy, Perancis, pada 1889-1990.

Tapi meski dirawat di RSJ, Vincent tetap rajin melukis. Banyak karya fenomenalnya yang lahir di RSJ Saint-Remy tersebut, di antaranya The Starry Night, The Olive Trees, dan Country Road in Provence by Night.

Theo sang adik adalah sosok di balik konsistensi Van Gogh dalam berkarya. Berulang kali penyakit kejiwaan Van Gogh kambuh, berulang kali pula Theo menanggung biaya pengobatannya. Theo pun terus memasok kanvas, cat, pensil, kertas, dan alat-alat lukis lain untuk kakaknya di manapun dia berada, termasuk di rumah sakit jiwa.

Pada 27 Juli 1890, Van Gogh melakukan aksi penembakan terhadap dirinya sendiri di bagian dada. Di dalam pelukan adiknya, Theo, ia dinyatakan meninggal dua hari kemudian.

Bab terakhir hidupnya ditutup dengan cara yang tragis, yakni hanya ditemani oleh burung-burung gagak di hari penembakannya, harus berhadapan dengan gangguan mental yang dideritanya, kesulitan dari segi ekonomi, penolakan dari keluarga, serta tidak diakui atas karya-karyanya.***

 
Artikel ini telah dibaca 200 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Biodata & Profil Michelle Ziudith, Pemeran si Kupu-kupu Malam

29 November 2022 - 08:58 WIB

Biografi dan Profil KSAL Laksamana Yudo Margono Panglima TNI Baru Pilihan Jokowi

28 November 2022 - 18:57 WIB

Biografi dan profil KASAL Laksamana Yudo

Profil Pedri, Pemain Termahal Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022

28 November 2022 - 13:23 WIB

Meninggal Mendadak, Ini Sosok Menteri Luar Negeri Belarusia Vladimir Makei

27 November 2022 - 21:56 WIB

Vladimir Makei

Biografi & Profil Timothy Weah: Anak Presiden yang Moncer di Piala Dunia Qatar

26 November 2022 - 09:54 WIB

Timothy weah

Profil Taufik Kurniawan, Mantan Wakil Ketua DPR yang Tutup Usia

25 November 2022 - 15:49 WIB

profil Taufik Kurniawan
Trending di Tokoh