Friday, 29 March 2024
HomeViralViral! 15 Pondok Milik Warga Porak Poranda Diterjang Kawanan Gajah

Viral! 15 Pondok Milik Warga Porak Poranda Diterjang Kawanan Gajah

Bogordaily.net – Sekitar di kebun sawit, Pekanbaru Riau, . Hal ini terjadi akibat liar yang kembali masuk ke kebun sawit yang lokasinya dekat dengan pondok .

Plh Kepala Balai BKSDA Riau, Hartono mengatakan yang akrab disapa kelompok 11 Petapahan masuk ke pemukiman dan kebun sejak beberapa hari terakhir. Kawanan gajah masuk dengan merusak pondok dan tanaman.

“Kelompok gajah 11 Petapahan itu sedang ombreng jalur jelajahnya. Itu kurang lebih yang dirusak,” terang Hartono, Kamis 10 Februari 2022.

Terkait insiden itu, Balai BKSDA Riau telah menurunkan tim untuk menghalau gajah ke habitatnya di hutan Tahura. Bahkan hari ini tim menurunkan gajah jinak.

Sampai hari ini gajah kelompok 11 masih melakukan kegiatan sekitar Desa Rantau Panjang. Tadi kami melakukan sosialisasi dengan masyarakat agar tak melakukan anarkis terhadap gajah,” katanya.

Dalam pertemuan dengan masyarakat di sekitar area konflik, masyarakat minta dapat pelatihan untuk penghalauan gajah liar. Terutama sebelum tim BKSDA Riau tiba di lokasi dengan bantuan gajah jinak.

Hartono mengatakan pondok-pondok dirusak karena kawanan gajah liar mencari makan. Mengingat di daerah yang jadi habitat minim makanan dan beralih fungsi menjadi kebun sawit.

“Kami imbau masyarakat tidak melakukan tindakan-tindakan anarkis terhadap satwa dilindungi ini. Saat ini gajah mencari sumber pakan yang lain terutama kondisi habitat gajah sekitar Tahura perlu penanganan serius karena berubah fungsi kebun sawit,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here