Saturday, 18 May 2024
HomeKulinerWajib Coba! 7 Pilihan Wisata Kuliner di Bogor

Wajib Coba! 7 Pilihan Wisata Kuliner di Bogor

Bogordaily.net – Bogor bukan saja terkenal dengan wisata alam, melainkan juga berbagai kuliner yang mampu memanjakan lidah. Jika memilih wisata kuliner di Bogor, kamu mungkin terpaku pada keinginan mendapat rasa yang enak.
Namun sesungguhnya, bukan kelezatan saja yang jadi daya tarik, beberapa makanan di kota hujan ini juga sudah jadi legendaris. Berikut beberapa rekomendasi destinasi kuliner yang bisa kamu coba :

1.

Kawasan Surken atau Suryakencana dikenal sebagai salah satu sentra kuliner di Bogor. Martabak Encek adalah salah satu yang bercokol di Gang Aut, Suryakencana sejak 1975.

Martabak yang umumnya bisa kamu temukan di setiap kota ini, di Bogor menjadi salah satu yang istimewa karena sang pemilik memasaknya di atas arang. Proses ini membuat aroma dan cita rasa Martabak Encek berbeda dibanding gerai martabak lainnya.

Mulai dibuka pukul 14.00 WIB, panganan ini seringkali langsung diserbu pelanggan dan cepat ludes. Karena itu kamu disarankan untuk datang sebelum waktu buka jika hendak mencoba.

2. Laksa Bogor

Semangkuk Laksa Bogor biasanya berisi potongan ketupat, oncom, bihun, daun kemangi, tauge dan, kuah. Kamu bisa dengan mudah menemukan penjual laksa di Bogor.

Namun salah satu yang legendaris adalah yang berdiri sejak 1955. Resep laksa yang turun-temurun hingga kini di tangan generasi ketiga tersebut, kini sudah ditambah variasi berupa telur pada sajiannya.

3. Es Sekoteng

Sekoteng yang biasanya disajikan hangat, di Bogor kamu bisa menemukannya dalam sajian dingin. Sajian es sekoteng ini lebih mirip es campur atau es oyen berisi serutan es, alpukat, air, kelapa, pacar mutiara, air gula dan krim kental manis.

Kamu bisa menjajal wisata kuliner di Jalan Sawojajar Nomor 43, Bogor Tengah dan siap dengan kocek Rp17.000 per porsi.

4. Tauge Goreng

Wisata Kuliner di Bogor

Dikutip dari laman resmi , Toge Goreng adalah salah satu wisata kuliner yang direkomendasikan untuk dicicipi. Meski bernama ‘toge goreng', proses pembuatan makanan ini adalah dengan direbus.

Toge goreng disajikan dengan potongan ketupat, tahu, mie kuning, serta bumbu khas yang terbuat dari tauco. Lokasi toge goreng yang legendaris terletak di dekat Pasar Anyar. ini berdiri sejak 1943 di Jalan Pengadilan (Depan Irian Motor), Bogor.

5. Asinan Gedung Dalam

Ada dua jenis Asianan Gedung Dalam yang bisa dinikmati yakni asinan sayur dan asinan buah. Wisata kuliner berupa Asinan Gedung Dalam ini cocok bagi kamu yang gemar mengonsumsi makanan dengan rasa asam, segar, manis dan, pedas.

Nama lain yang juga legendaris adalah yang berdiri sejak 1967.

6. Soto Mie

Soto Mie Bogor ini berbeda dari soto mi di daerah lain yang menggunakan bihun atau bahkan tak menggunakan mie. Yang membedakan soto asal Kota Hujan ini adalah penggunaan mie kuning yang menambah rasa gurih.

Soto Mie disajikan menggunakan potongan kikil, irisan risol, potomngan daging yang beragam serta, sayuran yang bervariasi seperti lobak, kol, tomat dan, daun bawang.

7.

Wisata Kuliner di Bogor

Lapis Bogor ini sebetulnya seperti kebanyakan brownies atau roti kukus, hanya saja bahan dasarnya terbuat dari talas. Lapis Bogor yang dikenal awal-awal adalah merk Sangkuriang, lantas bermunculan juga merk-merk lainnya.

Ada beberapa varian rasa lapis Bogor mulai dari original talas, cokelat, keju, greentea hingga durian.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here