Friday, 26 April 2024
HomeBeritaWajib Tau! Kenali Perbedaan Antara Flu Dengan Rhinitis

Wajib Tau! Kenali Perbedaan Antara Flu Dengan Rhinitis

Bogordaily.net – Sebagian orang menganggap jika mengalami bersin-bersin,  merupakan gejala . Namun belum tentu, karena bisa jadi anda memiliki alergi Rhinitis yang memang mirip .

Rhinitis merupakan peradangan pada rongga hidung yang disebabkan oleh alergi. Lantas apa saja perbedaan alergi Rhinitis ?

Menurut dr. Selfiyanti Said M.Kes Sp.THT-KL, sepintas gejala alergi rhinitis mirip demam seperti hidung tersumbat, kadang berair, dan bersin-bersin.

“Bedanya disebabkan oleh infeksi virus influensa sedangkan alergi rhinitis dipicu oleh reaksi alergi,” tuturnya.

Alergi rhinitis bisa jadi karena alergi terhadap cuaca, debu, bulu hewan, serbuk bunga, hingga stres.

Sedangkan biasanya disertai demam, tidak alergi. Gejala yang dominan pada alergi yaitu bersin-bersin dan hidung tersumbat.

“Alergi biasanya ada waktu-waktu tertentu, seringnya pagi atau malam hari, pada saat dingin,” ungkapnya.

Lebih lanjut, penderita alergi Rhinitis biasanya mengalami kekambuhan gejala cukup sering, misal pada musim penghujan saat suhu harian lebih dingin, kadang terjadi hampir setiap hari.

Menurut dr Selfiyanti, yang perlu dilakukan untuk mencegah hidung tersumbat yaitu dengan menghindari alergennya, istirahat yang cukup, banyak minum karena tubuh harus terhidrasi dengan baik, dan menghirup uap air hangat bisa membantu melegakan pernapasan.

Kalau cara-cara di atas tidak membantu, bisa dengan obat-obatan. “Obat-obatan yang bisa dibeli berupa antihistamin atau dekongestan, karena sifatnya bisa melegakan lubang hidung yang tersumbat,” ujarnya.

Dr. Selfiyanti juga berpesan kalau ingin membeli obat secara mandiri, pastikan obat-obat yang dibeli itu harus ada lingkaran birunya. Karena apabila obat dot merah harus konsultasi ke dokter, karena efek samping lebih membahayakan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here