Wednesday, 8 May 2024
HomeBeritaWalau Banyak Kekurangan, Enea Bastianini Sebut Sirkuit Mandalika Menantang

Walau Banyak Kekurangan, Enea Bastianini Sebut Sirkuit Mandalika Menantang

Bogordaily.net – Pembalap Gresini Racing, Enea Bastianini mengungkapkan pengalamannya saat mengaspal di pada tes pramusim MotoGP 2022.

Enea Bastianini menyebut tes pramusim MotoGP 2022 di Mandalika merupakan hasil yang cukup baik.

Seluruh pembalap MotoGP untuk kali pertama merasakan lintasan yang akan menggelar balapan pada MotoGP 2022.

mendapatkan berbagai macam tanggapan sebagai sirkuit baru yang akan menggelar ajang balap motor paling bergengsi di dunia.

Pada hari pertama tes pramusim MotoGP, para pembalap mengutarakan keluhan terkait kondisi lintasan yang berdebu dan berkerikil.

Hujan yang turun malah membuat lintasan yang sebelumnya berdebu menjadi berlumpur. Kondisi itu tentu sangat menyulitkan pembalap untuk mengeluarkan potensi pada motor.

Meskipun mendapatkan respons negatif dari sejumlah pebalap, tak sedikit juga rider yang memaklumi kekurangan yang terjadi di .

Salah satunya pembalap Gresini Racing, Enea Bastianini, termasuk yang memaklumi karena Mandalika merupakan sirkuit baru. Enea Bastianini memuji dan mengatakan tes pramusim berjalan baik.

Catatan waktu terbaik Bastianini didapatkan pada hari kedua uji coba dengan waktu 1 menit 31,599 detik yang menempatkannya di urutan ke-7.

Bastianini memaklumi kondisi yang belum sempurna dan masih banyak kekurangan.

“Memang kami selalu menjadi sangat kompetitif dan sirkuitnya memang sangat luar biasa. Pada saat tes yang kami lakukan, rasanya hasil sangat baik,” kata Bastianini dikutip dari Bolasport, Selasa 22 Februari 2022.

“Lintasannya mungkin saat itu belum dalam kondisi terbaiknya, tetapi masih sangat diupayakan untuk memperbaikinya. Setelah banyak lap dilalui, aspal akhirnya membaik,” ujarnya.

Bastianini menambahkan memiliki banyak sekali tikungan cepat, namun justru hal itulah yang menjadi tantangan dan bagian yang sangat dia sukai.

Bastianini juga menyebutkan agak kaget dengan lintasan jika turun hujan karena treknya berbeda dari sirkuit di Eropa.

“Bagi pembalap seperti saya, masih sulit, khususnya karena waktu itu agak hujan, dan treknya memang agak berbeda dibandingkan di luar negeri,” tambahnya.

“Saya ingin sekali betul-betul bisa berprestasi di nanti,” kata Bastianini.

Saat ini sedang menjalani pengaspalan di beberapa segmen tikungan. Total, bagian yang diaspal ulang mencapai sekitar 17,5 persen dari keseluruhan lintasan.

Perbaikan sirkuit dilakukan guna memperbaiki kondisi lintasan agar balapan MotoGP di Mandalika nanti berjalan aman dan lancar bagi seluruh pembalap.

Hal itu juga diapresiasi oleh tim Gresini Racing melalui Comm & Marketing Director, Carlo Merlini, yang mengatakan sudah tidak sabar untuk mencoba aspal baru Sirkuit Mandalika.

“Kami bersemangat ingin mencoba sirkuit tersebut dan melihat apakah ban kami berinteraksi dengan baik dengan aspal baru di Sirkuit Mandalika nanti,” kata Merlini.

“Mandalika juga merupakan tempat uji coba yang sangat baik karena kita mengetahui bahwa sirkuit dan kejuaraan kali ini akan sangat seru,” ujarnya.

Pengaspalan ulang ditargetkan rampung satu pekan sebelum balapan MotoGP Sirkuit Mandalika yang akan digelar pada 18-20 Maret 2022.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here