Friday, 19 April 2024
HomeEkonomiWapres Ma'aruf: Sistem Digitalisasi Memberikan Dampak Positif Dalam Aspek Kehidupan

Wapres Ma’aruf: Sistem Digitalisasi Memberikan Dampak Positif Dalam Aspek Kehidupan

Bogordaily.net – Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menilai dampak luas pada hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Dampak tersebut terlihat seperti hadirnya platform dagang elektronik (e-commerce), pembayaran elektronik (e-payment), dan teknologi edukasi (edutech) yang diyakini kemudahan bagi masyarakat.

Dia mengatakan juga tidak menutup kemungkinan untuk peningkatan bidang pelayanan publik sebagai wujud nyata pemerintah menghadirkan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Oleh sebab itu, dibutuhkan adanya kerja sama dalam mewujudkan masyarakat yang berdikari secara digital di berbagai bidang untuk kemandirian bangsa.

“Setiap peran aktif kita akan semakin memperkuat upaya membangun kedaulatan di tengah berbagai tantangan ,” ujarnya pada Senin, 7 Februari 2022.

Wapres menuturkan saat ini menjadi mesin penggerak perekonomian nasional. Ekonomi digital Indonesia diprediksi menjadi yang terbesar di Asia Tenggara pada 2025 dengan nilai mencapai Rp1.700 triliun.

“Ada sekitar 21 juta konsumen digital baru selama pandemi. Akumulasi nilai pembelian pengguna internet di Indonesia juga naik dua digit sebesar 49 persen, dari US$47 miliar diperkirakan menembus menjadi US$70 miliar di akhir tahun 2021,” tuturnya.

Ma'ruf menegaskan pemerintah terus melindungi iklim usaha yang kondusif dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat dengan mengembangkan sisi positif dan membuka ruang bagi anak bangsa untuk menciptakan inovasi digital.

“Kita ingin mengembangkan aspek positif , seperti pemberdayaan ekonomi, kemajuan ekonomi kreatif dan UMKM, serta memberi ruang bagi inovasi digital karya anak bangsa,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, dia menilai pengaturan secara proporsional untuk bangsa harus diimplementasikan.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here