Monday, 29 April 2024
HomeBeritaWaspada! Patah Hati Picu Gangguan Mental

Waspada! Patah Hati Picu Gangguan Mental

Bogordaily.net bisa terjadi pada siapa dan kapan saja. Kesedihan yang satu ini juga bisa dipicu oleh faktor apa saja. Karena setiap saat bisa datang tanpa diundang, ada baiknya kita menyiapkan mental agar tak begitu terpuruk saat mengalaminya.

Sebab bila kita tidak siap, bisa-bisa kita akan terseret terlalu jauh oleh emosi-emosi yang timbul akibat . Akibatnya berbagai masalah kesehatan mental pun akan menghampiri.

Mengutip artikel di Huffington Post, bisa menyebabkan banyak masalah mental dan kesehatan. Di antaranya sebagai berikut:

1. Insomnia

selalu bisa memicu gangguan tidur. Seseorang akan merasa resah sehingga menyebabkan stres fisik yang membuat insomnia atau kesulitan tidur.

Perasaan ini membuat tubuh mengeluarkan kortisol yang tinggi sehingga menyebabkan kesulitan memejamkan mata.

2. Trauma

yang berlebihan bisa meninggalkan trauma yang mendalam. Luka  bisa mengendap lama dan muncul lagi.

Sesak di dada, pikiran sakit yang seolah tanpa akhir, air mata dan kesedihan secara harfiah dapat menghabiskan energi dan meninggalkan luka dalam perjalanan hidupmu.

Itu tentu akan membuatmu hidupmu susah. Karena akan terus dihantui bayang-bayang kesedihan dan kesalahan.

3. Masalah kepercayaan

Masalah kepercayaan atau trust issue adalah kondisi di mana seseorang sulit percaya dengan orang lain atau lingkungan sekitarnya.

Gangguan kesehatan mental ini ditandai dengan ketakutan akan pengkhianatan, pengabaian dan manipulasi.

Orang-orang yang mengalami trust issue tentu disebabkan karena yang mendalam. Hal ini akan berbahaya dan mempengaruhi hubungan mereka di masa depan.

Cara mengatasi

1. Hadapi dan nikmati

Mengutip dari Verywellmind, cara agar bisa sembuh dari , adalah dengan menghadapi dan menikmati kesedihan yang datang.

Biarkan rasa edih yang berada di hati untuk sesaat. Jangan berbohong pada orang lain dan juga diri sendiri dengan mengatakan “Aku baik-baik saja” padahal sebenarnya tidak.

2. Ingat bahwa kesedihan itu normal

Kesedihan adalah sesuatu yang normal. Bahkan kamu boleh merasakan emosi apapun, termasuk sedih, bingung, dan marah.

Kuncinya adalah jangan sampai membiarkan perasaan itu mempengaruhi seluruh hidupmu. Jangan mencoba mematikan rasa terhadap atau bersumpah tidak akan menjalin cinta lagi selamanya. Semua itu hanya akan semakin menyakiti.

3. Menangislah

Menangis adalah cara yang sehat untuk mengekspresikan perasaan yang mendalam, jadi jika kamu ingin menangis, menangislah

Cari tempat untuk sendiri atau bersama sahabat, dan tumpahkan air matamu. Tangis akan selesai lebih cepat dari yang kamu kira, dan kamu pun akan merasa sedikit lebih baik setelah mengeluarkannya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here