Friday, 29 March 2024
HomeTravellingWisata Religi ke Masjid Raya Bogor, Bangunan Unik dan Tua Penuh Cerita

Wisata Religi ke Masjid Raya Bogor, Bangunan Unik dan Tua Penuh Cerita

Bogordaily.net - merupakan tempat ibadah yang bisa Anda kujungi sebagai wisatawan saat berada di Bogor. Tidak hanya pemandangan alam, dan tempat kuliner Instagramable, juga banyak di Kota Bogor.

Tak heran masjid ini selalu ramai dengan aktifitas dikarenakan berdampingan dengan gedung PPIB dan Perpustakaan umum. Gedung PPIB itu sendiri sering digunakan untuk kegiatan kegiatan kemahasiswaan ataupun keagamaan serta acara-acara seremonial lainnya.

Kali ini, jika ingin menikmati suasana berbeda di Bogor, Anda bisa mengunjungi . Masjid ini menjadi ikon di Bogor sebagai tempat .

Dalam sejarahnya, masjid ini terhitung sudah sangat tua. Dibangun pada 1970 dan dinyatakan selesai tahun 1979. Keistimewaan dari masjid ini adalah dilengkapi dengan Gedung Pusat Pengembangan dan Pengkajian Islam Bogor yang berada di depan samping kanan, serta perpustakaan umum yang ada diserambi masjid.


Dibalik megahnya ini tersimpan sebuah nama yang memiliki peran sebagai arsitektur dalam membantu pembangunan masjid. FX Silaban adalah arsitek yang dipercayakan untuk mendesain tempat ibadah umat islam di Bogor ini.

Masjid yang berlokasi di Jalan Raya Pajajaran Kota Bogor ini memang selalu ramai digunakan oleh warga untuk melaksanakan ibadah dan aktifitas lainnya disekitaran daerah Masjid

Berada di sini, Anda akan takjub dengan desain dalam masjid yang cukup unik dan menarik. Terdapat lampu kristal gantung tepat di tengahnya.

Setelah revitalisasi total, kini memiliki satu kubah besar yang diapit dua kubah kecil, menggantikan atap masjid yang sebelumnya bergaya limasan dua tumpang.

Masjid Raya Bogor seluas 4.057 m2 ini memiliki ruang utama yang luas. Ada balkon di sisi kiri kanan atas ruang utama dengan penopang berwarna keemasan menambah daya tampung masjid terbesar di Kota Bogor ini.

Langit-langit di bawah balkon dihiasi ornamen berbentuk bintang segi delapan, dengan lampu-lampu tanam. Tembok dinding pada kiri kanan dan atas mihrab dilapis bahan semen fiber-glass yang disebut GRC Board, berhiaskan kaligrafi huruf Arab berisi petikan ayat-ayat Alquran serta ornamen lengkung dan garis.


Di atas lubang mihrab terdapat tulisan Arab berbunyi “Allah” dan “Muhammad” dengan dua baris kaligrafi mendatar di atasnya, dan diapit sepasang kaligrafi melingkar di kiri kanannya.

Tempat imam dan mimbar khatib menjadi satu dengan bagian atasnya berhias ukiran yang menarik. Satu hal menarik lainnya adalah keberadaan menara yang letaknya terpisah lumayan jauh dari utama masjid.

Di dasar tiang menara masih berbentuk segi empat, dan baru di atasnya menjadi segi enam dengan ukuran semakin ke atas semakin kecil dan berakhir dengan kubah di puncak, dimana tertancap tiang berhiaskan bulan bintang.

Menara yang cukup indah dipandang mata. Selain beribadah, berada di sini jangan lewatkan untuk berswafoto. Tiap sudut Masjid Raya Bogor ini memiliki keunikan tersendiri.

Masjid Raya Bogor berlokasi Jl Raya Pajajaran No 10 Kota Bogor. Berada sekitar 400 meter dari Terminal Baranangsiang arah ke kiri di pertigaan jika keluar dari tol Jagorawi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here