Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaYuk, Diet Sehat di Tengah Maraknya Kasus Omicron

Yuk, Diet Sehat di Tengah Maraknya Kasus Omicron

Bogordaily.net–Para ahli dari Queen Mary University of London, menyebut 65 persen orang dewasa di Inggris dan Amerika Serikat mengalami peningkatan berat badan selama pandemi. Nah, menjalani program diet di masa pandemi Covid-19 terlebih adanya lonjakan kasus varian tentu tetap bisa dilakukan. Ingat, hindari diet ekstrem karena tidak baik bagi kesehatan. Bagi yang ingin menjalani diet di masa pandemi, berikut ini cara agar tetap aman dan sehat.

Diet intermittent fasting (IF)

Dilansir dari Detik.com, menurut Kristen Kirkpatrick, pakar diet dari Cleveland Clinic mengatakan bahwa diet IF aman dilakukan di tengah yang terus melonjak. Diet ini tidak perlu memikirkan kalori atau nutrisi khusus. Kamu hanya perlu mengatur dan menargetkan jadwal makan serta hanya mengkonsumsi cemilan sehat. Selain itu kamu juga bisa mengurangi asupan pagi dan larut malam agar dapat membantu menjaga berat badan supaya tidak bertambah.

Makan tepat waktu

Kalau melakukan segala aktivitas di rumah selama pandemi ini, maka sangat mudah untuk ingin menikmati makanan apapun. Cobalah untuk mengontrol jadwal makan yang ditentukan agar tidak makan berlebihan. Kamu bisa mengatur kapan akan menikmati makanan berat dan ringan atau minum kopi. Jika tidak menerapkan intermittent fasting maka kamu bisa membuat jadwal makan sendiri.

Kurangi garam

Konsumsi garam sebaiknya dibatasi hingga 5 gram (1 sendok teh) dalam sehari. Dikutip dari situs WHO, gunakan garam secukupnya ketika masak dan kurangi penggunaan saos, bumbu asin, kecap asin, kaldu atau kecap ikan. Hal terpenting adalah mengurangi konsumsi makanan cepat saji selama diet. Jika memang ingin mengkonsumsinya pilih jenis makanan yang tidak menggunakan tambahan gula buatan.

Kurangi makanan berminyak

Mengurangi lemak serta makanan berminyak menjadi pilihan tepat. Misalnya memilih daging putih seperti ikan yang umumnya lebih rendah lemak dibanding daging merah. Pilihan susu juga disarankan yang rendah lemak. Cobalah lebih banyak mengukus atau merebus makanan saat memasak.

Batasi gula

Batasi asupan gula dalam aturan diet aman seperti menghindari minuman bersoda, jus kemasan, minuman berenergi, teh atau kopi sachet. Dibanding camilan manis, bisa pilih buah-buahan.

Selalu terhidrasi

Tubuh harus terhidrasi setiap hari sehingga diet aman saat melonjak tinggi perlu mengonsumsi tiga liter per hari agar tubuh selalu sehat. Dalam satu botol, bisa ditambahkan beberapa mint dan jeruk nipis, lemon, atau garam himalaya. Minum saat bangun tidur, sebelum makan, dan sisanya sebelum tidur.

Tetap berolahraga

Olahraga menjaga tubuh tetap bugar sehingga terhindar dari obesitas. Olahraga tidak harus ke luar, tetapi bisa juga dengan melakukan latihan fisik seperti aerobik hingga jalan kaki selama 45 menit di dalam rumah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here