Thursday, 16 May 2024
HomeBerita132 Orang dalam Pesawat China Eastern Airlines Dipastikan Tewas

132 Orang dalam Pesawat China Eastern Airlines Dipastikan Tewas

Bogordaily.net– Eastern Airlines MU5735 dipastikan menewaskan seluruh kru dan penumpang yang berjumlah 132 orang. Peristiwa yang terjadi Senin, 21 Maret 2022 itu telah dikonfirmasi oleh otoritas penerbangan .

Tim penyelamat telah melakukan upaya pencarian korban di lokasi kejadian yang dipenuhi lumpur, semak belukar dan puing-puing pesawat yang telah hancur. Kecelakaan ini terjadi di wilayah Guangxi, Selatan, di daerah hutan yang cukup lebat.

Dikutip CNN via CNN Indonesia, pesawat Boeing 737-800 dengan nomor penerbangan MU 5735 sedang dalam perjalanan dari kota barat daya Kunming ke Guangzhou dan mengangkut 123 penumpang serta sembilan awak di dalamnya. Pesawat kemudian hilang kontak di atas kota Wuzhou.

Seorang perwakilan maskapai mengatakan pada hari Selasa, pesawat itu terbang normal sebelum tiba-tiba mulai jatuh dan kehilangan kontak dengan kontrol darat, lebih dari satu jam setelah penerbangan. Pemeriksaan pra-penerbangan menunjukkan tidak ada yang salah, dan semua anggota kru sehat dan memenuhi syarat.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab kecelakaan tersebut. Namun, rekaman suara kokpit yang telah ditemukan kemungkinan bisa memberikan petunjuk penting tentang bagaimana peristiwa maut itu terjadi.

Direktur Kantor Keselamatan Penerbangan CAAC, Zhu Tao mengatakan tim pencari telah menemukan pemancar pencari lokasi darurat, yang biasanya dipasang di dekat kotak hitam kedua.

Sementara itu investigasi oleh Administrasi Penerbangan Sipil (CAAC) saat ini sedang berlangsung dengan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS dan Administrasi Penerbangan Federal AS juga terlibat.

Pihak yang menyelidiki kecelakaan itu memperingatkan bahwa penyelidikan mereka terhadap penyebab kecelakaan itu akan  sangat sulit karena parahnya kerusakan pesawat itu.

Sementara itu jatuhnya pesawat Boeing 737-800 milik maskapai Eastern Airlines menjadi sorotan. Penerbangan MU5735 yang mengangkut 132 orang dari Kunming ke Guangzhou tiba-tiba menukik hampir tegak lurus.

Pesawat langsung jatuh ke darat dengan kecepatan luar biasa dan menabrak lereng di area pegunungan Guangxi, bagian selatan. Gumpalan asap dan api terlihat pasca kejadian hingga api melahap pohon-pohon di area sekitar.

Kotak hitam pertama yang berisi data penerbangan telah ditemukan pada Rabu, 23 Maret 2022. Sebanyak 493 orang yang merupakan keluarga dekat 80 penumpang juga sudah tiba di Kota Wuzhou, Guangxi.

Pemerintah daerah setempat bertanggung jawab menangani jenazah para korban. Barang-barang milik korban yang ditemukan di lokasi kecelakaan juga telah disimpan.

Pesawat ini diduga tidak mengalami ledakan sebelum jatuh menukik tajam hingga menabrak bukit di pegunungan selatan. Temuan tersebut didapatkan dari hasil pemeriksaan puluhan sampel puing pesawat yang telah ditemukan oleh tim investigasi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here