Monday, 1 July 2024
HomeBeritaAbramovich Siap Bantu Ukraina-Rusia Berdamai

Abramovich Siap Bantu Ukraina-Rusia Berdamai

Bogordaily.net menyanggupi permintaan Ukraina agar membantu merundingkan pengakhiran perang di Ukraina. Bos Chelsea itu siap membantu proses negosiasi damai antara dengan Ukraina.

Kabar tentang keterlibatan Pengusaha dan miliarder dalam pembicaraan itu pertama kali diberitakan Jewish News yang mengatakan Kiev telah menghubunginya melalui kontak-kontak Yahudi guna meminta bantuan sang pemilik Chelsea.

“Saya bisa memastikan telah dihubungi pihak Ukraina untuk dukungan dalam mencapai resolusi damai, dan bahwa sejak itu dia sudah berusaha membantu,” kata sang juru bicara pihak Abramovich seperti dikutip Antara dari Reuters.

Namun, belum ada komentar langsung dari pemerintah Ukraina.

Sementara itu Abramovich merupakan seorang Yahudi dan juga berkewarganegaraan Israel, dikenal sebagai salah satu pengusaha paling berpengaruh yang memperoleh kekayaan setelah pecahnya Uni Soviet pada 1991. Forbes menyebut kekayaan bersihnya mencapai 13,3 miliar dolar AS.

Mantan trader komoditas yang menanjak selama kekacauan 1990-an pada era Presiden Boris Yeltsin itu mengakuisisi saham di perusahaan minyak Sibneft, produsen aluminium Rusal dan maskapai Aeroflot yang kemudian dijualnya.

Di bawah Presiden Vladimir Putin, Abramovich menjabat gubernur wilayah terpencil Arktik di Chukotka di bagian Timur Jauh . Tidak segera jelas peran apa yang akan dimainkan Abramovich dalam pembicaraan antara dan Ukraina yang dimulai Senin kemarin  di perbatasan Ukraina-Belarus.

Sebelumnya, kantor kepresidenan Ukraina mengatakan tujuan Ukraina berunding adalah gencatan senjata segera dan penarikan pasukan dari Ukraina. Kremlin belum mengatakan secara eksplisit apa tujuannya dalam perundingan ini.

Dalam beberapa hari terakhir, dua miliarder lainnya, Mikhail Fridman dan Oleg Deripaska, juga telah menyeru pemerintah guna mengakhiri perang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here