Saturday, 27 April 2024
HomeViralAksi Perusahaan Tambang Ancam Warga Diseret ke Polda Viral di Media Sosial

Aksi Perusahaan Tambang Ancam Warga Diseret ke Polda Viral di Media Sosial

Bogordaily.net – Video pihak Wawonii yang menolak tambang di media sosial, Sabtu 5 Maret 2022.

Dalam video berdurasi sekitar 50 detik itu, tampak seorang yang berpakaian hitam menggunakan helm putih dari PT Gema Kreasi Perdana mengancam menangkap warga dan akan dibawa ke Polda.

Dengan lantang, pihak perusahaan yang disaksikan beberapa personel kepolisian menantang warga yang berada di lokasi blokade warga yang menolak aktivitas tambang di Desa Sukarela Jaya, Roko-roko Kecamatan Wawonii tenggara, Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Kamu keras kami juga akan keras, dan ini risiko kamu tahan, ini siap ditahan nih, ini kegiatan menghalangi kegiatan tambang nih, bawa sore hari ini, panggil dan bawa ke Polda,” ujarnya.

Ironisnya, polisi yang ada di lokasi hanya diam dan seolah tak bisa berbuat apa-apa melihat pihak perusahaan melontarkan ancaman ke warga.

Belum diketahui kapan video intimidasi warga ini diambil namun dari pakaian yang digunakan oleh orang yang mengancam warga itu mirip dengan video pada saat pihak perusahaan bersitegang dengan warga pada Selasa 3 Maret 2022 lalu.

Sebelumnya puluhan warga Wawonii menolak adanya aktivitas tambang karena dianggap merugikan warga sebab lahan perkebunan dan mata air warga akan berdampak.

Humas PT GKP, Marlion membantah aksi penyerobotan itu sebab pihak perusahaan telah membebaskan lokasi yang dianggap milik warga, rencananya lahan itu akan dibuat jalan menuju Pelabuhan Jety perusahaan.

“Mereka pertahankan lahan itu mereka merasa memiliki hak, kalau mereka merasa memiliki silahkan gugat kami, laporkan kami, tapi saya yakin dan polisi, tidak akan menanggapi karena alas haknya tidak ada,” ujarnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here