Tuesday, 7 May 2024
HomeEkonomiAwasi Distribusi Minyak Goreng, Satgas Pangan Bentuk Tim Khusus

Awasi Distribusi Minyak Goreng, Satgas Pangan Bentuk Tim Khusus

Bogordaily.net – Dibeberapa wilayah, jelang ramadhan kelanggakaan (migor) makin terus berlanjut. Hal ini lantas membuat Satgas Pangan Polri turun tangan dengan membentuk tim khusus, untuk mengawasi distribusi .

“Satgas Pangan Polri telah membentuk beberapa Tim untuk Fokus melaksanakan pengawasan dan pemantauan terkait distribusi dari produsen, hingga pengecer tingkat bawah (hulu ke hilir),” ujar Kepala Satgas Pangan (Kasatgas) Polri Irjen Pol Helmy Santika, Senin, 14 Maret 2022.

Kemudian, lanjut Helmy, tim khusus tersebut akan melakukan beberapa langkah. Di antaranya, melakukan koordinasi dengan Kementerian perdagangan (Kemendag) guna mendorong percepatan realisasi DMO, khususnya beberapa provinsi yang mengalami defisit .

“Bersama Kemendag, satgas pangan pusat dan daerah, akan lebih intensif melaksanakan monitoring dan pengecekan dilapangan, pada produsen, pengecer pada gerai modern dan gerai tradisional,” ujar Helmy.

Berikutnya, tim akan mendorong dan mengimbau pelaku usaha khususnya industri yang belum mendapatkan alokasi untuk tetap beroperasi. Selain itu juga membantu Kemendag RI untuk membuat pola distribusi DMO CPO dan RDB oilen secara merata. Kemudian tidak hanya terkonsentrasi pada afiliasi industri yang sekaligus sebagai ekspotir.

“Melakukan penindakan terhadap pelaku usaha yang melakukan penimbunan dan reseller/pedagang dadakan yang melakukan aksi borong dan menyimpan ,” ucap Helmy.

Biasanya, kata dia, yang mereka beli dalam jumlah banyak untuk dijual kembali dengan harga di atas HET. Maka, dengan demikian, Helmy menegaskan, terhadap yang ditimbun didorong percepatan distribusinya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here