Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaBagi yang Suka Begadang, Hati-Hati Bahaya Mengintai

Bagi yang Suka Begadang, Hati-Hati Bahaya Mengintai

Bogordaily.net – Tidur larut malam hingga mengganggu waktu istirahat Anda bisa mengganggu kesehatan Anda, lho. begadang perlu kalian waspadai, supaya kesehatan tubuh Anda tidak terganggu.

Jika dibiarkan, tekanan darah tinggi berakibat buruk untuk kesehatan dan tubuh secara menyeluruh.

Dijelaskan oleh National Sleep Foundation, orang dewasa yang sehat sebaiknya mendapatkan jam tidur setidaknya 7 hingga 9 jam per malam.

Jika waktu tidur tersebut tidak terpenuhi karena begadang, hal ini dapat berdampak buruk untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Berikut berbagai masalah kesehatan yang muncul saat seseorang sering begadang:

1. Naik
begadang yang berikutnya, adalah naiknya . Kenaikan ini tidak berlangsung seketika, tapi hal ini terjadi karena pola makan yang berubah. Selain mengubah pola makan, begadang yang tidak kita sadari adalah pemilihan jenis makanan itu sendiri.

Ketika begadang, kita tidak sadar mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Tanpa disadari, kita cenderung memilih makanan instan seperti junk food saat begadang. Seperti kita tahu, makanan cepat saji tidak bisa memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh, dan menyebabkan naiknya .

2. Mudah Lelah
Ketika anda berkadang atau kurang tidur, tubuh pastinya akan sering merasa lelah.

Hal ini disebabkan, durasi tidur yang menjadi lebih sedikit, dibandingkan dengan tidur tepat waktu. Tidak hanya lelah, seseorang yang habis begadang juga akan mengalami masalah sakit kepala , pusing, atau migrain.

Jika ini terjadi, tak jarang menyebabkan aktivitas kita jadi melambat. Bahkan, untuk kasus yang parah tubuh yang lelah membuat kita harus beristirahat penuh seharian.

3. Kadar gula darah naik
Begadang bisa membuat kadar gula narah naik. Mengutip Bustle, studi yang dilakukan terhadap sampel kecil pada 2015 lalu menunjukkan partisipan wanita yang punya kebiasaan begadang lebih mungkin mengalami lonjakan gula darah.

Dalam kondisi parah, hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi dapat berujung pada penyakit kardiovaskular dan kerusakan ginjal.

4. Mengubah Pola Tidur Berkepanjangan

begadang yang terakhir adalah mengubah pola tidur dalam jangka panjang. Durasi tidur yang baik, berbeda-beda tergantung usia. Seperti dikutip dari Mayo Clinic, untuk bayi berusia empat hingga 12 bulan, durasi tidur yang baik adalah 12 hingga 16 jam sehari.

Anak usia enam hingga 12 tahun, waktu tidur selama sembilan hingga 12 jam dikatakan cukup ideal. Sementara itu, bagi remaja usia 13 hingga 18 tahun, waktu tidur yang ideal adalah sembilan hingga 12 jam, dan tujuh jam durasi tidur bagi orang dewasa.

sering begadang, lama kelamaan akan mengganggu pola tidur, dan dalam jangka panjang bisa mengubah pola tidur tersebut. Perlu diingat, utang tidur tidak bisa dibayar dalam waktu seketika, perlu proses yang terbilang panjang, untuk memperbaiki kembali pola tidur yang baik.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here