Thursday, 16 May 2024
HomeBeritaBanjir Australia Tewaskan 20 Orang, Puluhan Ribu Warga Mengungsi

Banjir Australia Tewaskan 20 Orang, Puluhan Ribu Warga Mengungsi

Bogordaily.net–Selama sepekan dilanda banjir. Setidaknya sudah dua puluh orang tewas dan puluhan ribu warga mengungsi pada Selasa, 8 Maret 2022 akibat banjir pantai timur .

Seperti dikutip CNN Indonesia dari AFP, polisi setempat menyatakan korban meninggal bertambah dua lagi menjadi dua puluh orang, yakni seorang laki-laki dan perempuan yang ditemukan di Sydney. Kedua orang itu merupakan ibu dan anak yang hilang dan mobilnya ditinggal di kanal stormwater.

Banjir yang menggenangi Sydney membuat pihak berwenang meminta 60 ribu penduduk di kota terbesar itu mengungsi.

Lembaga cuaca nasional bahkan memperingatkan, selama 48 jam ke depan akan menjadi waktu yang sulit bagi Sydney.

Curah hujan yang tinggi di kota itu menyebabkan banjir. Air merendam jembatan, rumah, menyapu mobil dan bahkan meruntuhkan atap pusat perbelanjaan dan supermarket.

Di pinggiran Sungai George Hall sejumlah kendaraan terendam. Polisi bergegas menyelamatkan orang-orang yang terjebak di mobil karena air terus meningkat.

Di New South Wales, peringatan banjir juga diberlakukan mulai Selasa (8/3) untuk seluruh garis pantai sepanjang 2.000 kilometer.

Sementara itu dalam sepekan terakhir, banjir yang melanda beberapa wilayah di mirip dengan kebakaran hutan pada akhir 2019 lalu.

“Ini sangat mirip dengan kebakaran hutan ‘Musim Panas Hitam'. Kami punya dampak serupa terhadap masyarakat, jalan ditutup, infrastruktur rusak, listrik padam,” kata Juru Bicara Layanan Darurat NSW, Phill Campbell.

Di bagian utara New South Wales, banjir juga menghancurkan rumah-rumah, menghanyutkan mobil dan membuat ratusan penduduk setempat terdampar di atap mereka. Sekitar 800 orang ditampung di layanan darurat negara bagian ini saja.

Menurut layanan darurat, hampir setengah dari 5.000 rumah yang dilanda banjir tidak dapat dihuni. Di utara kota, peneliti banjir dievakuasi dari lab mereka saat air dari Bendungan Manly di dekatnya mulai tumpah ke daerah pinggiran kota.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here