Friday, 28 June 2024
HomeKabupaten BogorBanyak Imigran di Puncak, Kadis Pariwisata: Bisa Ganggu Citra Pariwisata

Banyak Imigran di Puncak, Kadis Pariwisata: Bisa Ganggu Citra Pariwisata

Bogordaily.net di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, saat ini terganggu dengan keberadaan ribuan imigran yang sampai kini masih tinggal di sana. Bahkan imigran yang kebanyakan berasal dari Timur Tengah tersebut sudah mencapai angka 1.600 orang lebih.

Hal itu diungkapkan oleh, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kabupaten Bogor, Deni Humaedi, menurutnya, keberadaan ribuan imigran ini mengancam kawasan strategis pariwisata nasional.

“Citra kawasan Puncak saat ini identik dengan wisata Timur Tengah, karena jumlah imigran banyak, terkesan Puncak khusus wisata Timur Tengah, padahal tidak demikian. Puncak terbuka juga dengan wisata mancanegara lainnya,” ungkapnya, Minggu 20 Maret 2022.

Lanjutnya Deni menambahkan, ada sekitar 1.600 imigran pencari suaka tersebar di beberapa tempat di kawasan Puncak tersebut.

“Para imigran terseber di Desa Tugu Utara dan Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor,” katanya.

Jika keberadaan para imigran terus bertambah di kawasan Puncak, kata Deni, keberadaan para imigran itu juga bisa menimbulkan stigma negatif,terhadap kawasan Puncak sebagai kawasan strategi pariwisata nasional.

“Kami hanya minta agar para imigran tidak berada di kawasan strategis wisata nasional Puncak, dan agar Badan Imigran PBB (UNHCR) dapat mengurus dan memindahkan mereka,” jelasnya.

Belum lagi, lanjut Deni, adanya informasi mengenai nikah siri antara warga pribumi dengan para imigran. Tindakan seperti ini, katanya, tidak dapat dilindungi hukum, termasuk status anak yang dilahirkan dari hasil pernikahan siri.

“Pemkab Kabupaten Bogor ingin mengembalikan kawasan Puncak itu sebagai destinasi wisata, bukan transit imigran,” terangnya.

Ia juga mengatakan tentang munculnya istilah “Kampung Arab” di kawasan Puncak, hal itu hanya sebuah istilah di masyarakat dan tidak resmi oleh pemerintah daerah.

“Nama asli kampung yakni Kampung Sampay atau Warung Kaleng. Kawasan Warungkaleng berada di Desa Tugu Selatan dan Desa Tugu Utara. Kawasan kampung mulai terisi sekitar tahun 1980-an,” katanya.

Saat ini, seiring dengan bertambahnya jumlah wisatawan Timur Tengah di kawasan Puncak, sering terdengar istilah kawin kontrak antara lelaki Timur Tengah dengan wanita lokal dan melakukan kawin kontrak.

Dari informasi yang beredar mereka yang melakukan kawin kontrak dengan lelaki Timur Tengah adalah para wanita tunasusila dan banyak berkeliaran di kawasan Puncak.*

(Irfan Ramadhan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here