Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaBegini Cara Cegah Virus Covid-19 pada Ibu Hamil

Begini Cara Cegah Virus Covid-19 pada Ibu Hamil

Bogordaily.net–  Artis Asmirandah yang sedang anak keduanya mengalami keguguran setelah terinfeksi virus corona. Selama terinfeksi Covid-19 itu, ia memang tidak bisa melakukan kontrol kehamilan rutin.

Setelah pulih dan kembali cek kehamilan, Asmirandah sudah mendapati jantung janinnya tak lagi berdetak dan ternyata ia mengalami keguguran. Peristiwa pilu yang menimpa Asmirandah ini perlu menjadi pelajaran bagi semua ibu , terlebih di tengah pandemi virus Covid-19.

Penelitian dari Clinical Infectious Disease dilansir Suara.com dari Hellosehat, virus corona Covid-19 tidak menular dari ibu ke janin dalam kandungan.

Pada penelitian itu, para ahli telah mencoba menguji air ketuban, darah tali pusar, hasil usap tenggorokan bayi dan ASI. Mereka tidak menemukan adanya risiko bayi baru lahir terinfeksi virus corona ketika operasi caesar berlangsung. Namun, efek virus corona pada ibu memang cukup mengkhawatirkan dan bisa berpengaruh pada janin maupun ibunya.

Meski begitu, ibu harus tahu bahwa mereka memiliki sistem imun yang rendah selama kehamilan sehingga rentan terinfeksi Covid-19.

Berikut ini dilansir dari Alodokter, beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi Covid-19 pada ibu :

Cuci tangan

Pastikan Anda slealu cuci tangan pakai air dan sabun selama kehamilan. Cara ini tetap menjadi langkah paling efektif mencegah penularan virus Covid-19. Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer bila tidak ada air dan sabun.

Jaga daya tahan tubuh

Ibu juga harus menjaga daya tahan tubuhnya dengan baik agar lebih kuat selama kehamilan. Anda bisa mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan dan makanan tinggi protein.

Ibu juga bisa minum suplemen atau vitamin prenatal sesuai anjuran dokter untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Selain itu, olahraga rutin dan istirahat cukup juga bisa membantunya.

Pakai masker ketika berpergian

Ibu juga harus selalu pakai masker ketika berada di keramaian dan berada di dekat orang sakit. Alih-alih memakai masker kain, lebih baik memakai masker N95 atau masker medis yang lebih efektif.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here