Tuesday, 19 March 2024
HomeBeritaBimbel Oemah USA Sebagai Wadah Belajar, Berhasil Menarik Minat Anak PAUD dan...

Bimbel Oemah USA Sebagai Wadah Belajar, Berhasil Menarik Minat Anak PAUD dan SD

Bogordaily.net – 2022 Kelompok KKN USA Team mengadakan KKN di Kp. Cikadu Rt 003/005, Cibeteung Udik, Kabupaten Bogor. Pada Jumat 18 Februari 2022. Mereka mengadakan .

USA UNUSIA mengadakan yang dimana merupakan salah satu program kerja kelompok KKN USA UNUSIA, bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang sudah di dapat di bangku kuliah supaya bermanfaat bagi orang banyak serta sebagai rasa peduli terhadap pendidikan anak-anak Kp. Cikadu dengan diadakannya KKN ini diharapkan mahasiswa mampu mengambil ilmu yang bermanfaat pula dari masyarakat sekitar.

Bimble Oemah USA ini melakukan bimbingan belajar untuk anak-anak Paud dan SD yang dilaksanakan mulai hari Senin, 21 Februari 2022 sampai Selasa, 15 Maret 2022. Kegiatan ini dilakukan di Kp. Cikadu Rt 003/005, Desa Cibeteung Udik, Bogor, Jawa Barat.

Tujuan di adakannya Bimbel Omah USA sebagai motivasi dan menumbuhkan semangat belajar anak-anak Kp. Cikadu. Bukan hanya CALISTUNG (Baca, Tulis dan Hitung) saja yang diajarkan di Bimbel Omah USA akan tetapi anak-anak diajarkan kreatifitas dan menanamkan nilai-nilai religius kepada anak-anak sejak usia dini serta berkonsultasi mengenai tugas dari sekolah dan materi pelajaran yang tidak mereka pahami.

Ada banyak faktor yang membuat kami ingin membuka , diantaranya ialah banyak anak yang putus sekolah karena faktor ekonomi keluarga, kurang minatnya anak-anak memasuki dunia pendidikan formal, keluhan orang tua yang sulit membantu dalam mengerjakan tugas sekolah anaknya di era pandemi sekarang ini serta gapteknya masyarakat setempat.

Dengan ini kami memberikan kesempatan kepada mereka yang putus sekolah supaya dapat menikmati manisnya belajar di bangku sekolah. Faktor inilah yang menjadikan menjadi Proker utama Kelompok KKN USA UNUSIA.

Selain , USA (Unusia Student Action) UNUSIA 2022 mendirikan Taman Baca USA di Kp. Cikadu RT. 003 RW. 005 Desa Cibeuteung Udik. Pendirian taman baca ini melihat masih kurangnya minat baca anak-anak di di Kp. Cikadu dan khawatir semakin ‘ganasnya' smartphone dalam mencuri perhatian anak-anak untuk bermain game dan semacamnya, setiap hari bahkan setiap jam.

Di taman baca tersebut bukan hanya tempat untuk membaca buku yang cocok untuk dirinya (anak-anak) yang ingin membaca tetapi juga sebagai ruang atau tempat untuk belajar dan menulis. Tidak ada maksud dan tujuan lain selain menciptakan atau memunculkan minat baca anak-anak di Kp. Cikadu Desa Cibeuteung Udik dan memberikan semacam pemahaman bahwa “untuk mencintai banyak buku maka kita harus mencintai satu buku dulu.

Sehingga masyarakat sekitar dapat melihat, bahwa yang di butuhkan anak-anak tersebut adalah belajar yang membuat mereka terlibat dalam pembelajaran tersebut, seperti belajar yang dibumbui dengan permainan-permainan tetapi ada pembelajaran yang di dapatkan di balik semua itu.

Dan berharap kebiasaan yang kami terapkan selama beberapa hari di Kp. Cikadu Desa Cibeuteung Udik dapat diteruskan dan menjadi suatu kebiasaan yang baik juga oleh masyarakat terkhusunya para anak-anak di desa tersebut.***

(Albin Pandita Febriyantama)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here