Wednesday, 24 April 2024
HomeKabupaten BogorCegah Penyalahgunaan Narkoba di Tingkat Desa, BNNK Bogor Kukuhkan Satgas Bersinar

Cegah Penyalahgunaan Narkoba di Tingkat Desa, BNNK Bogor Kukuhkan Satgas Bersinar

Bogordaily.net – Sebagai salahsatu bentuk Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap () di Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor dilakukan pengukuhan Satuan Tugas (Satgas) (Bersinar) serta menyuluhan .

Program Desa Bersih Narkoba (Bersinar) merupakan salah satu upaya pencegahan dan penanganan di tingkat desa, yang bertujuan untuk meningkatkan pendampingan masyarakat desa dalam penyelenggaraan fasilitas Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar) yang dikelola secara partisipatif, terpadu, dan berkelanjutan berbasis pendayagunaan sumber daya di desa.

Kepala Desa Kalongliud Jani nurjaman mengatakan, kegiatan Launcing pengukuhan Satgas Bersinar di wilayahnya tersebut berdasarkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa () yang diusulkan dalam forum tersebut dan menganggarakan dari Dana Desa tahap pertama tahun 2022.

“Dan kami berinteraksi dengan semua elemen kepemudaan, kemasyarakatan diantaranya karang taruna desa, KNPI untuk mendukung launchingnya kegiatan sekaligus mereka ini masuk ke dalam struktur pengurusanya,” ungkapnya.

Jani Nurjaman mengatakan, dengan terbenruknya Satgas tersebut diharapkan mampu mencegah peredaran di wilayahnya.

“Para pemuda yang mana penerus jangan sampai rusak oleh ,” katanya.

Kepala BBNK Kabupaten Bogor AKBP Muh Sably Noer mengatakan, bahwa pihaknya memberikan dukungan atas terbentuknya tim terpadu atau Satgas Bersinar di tingkat desa yanh bertujuan untuk mencegah .

“Kegiatan sudah beberapa kecamatan di Kabupaten Bogor tapi untuk kecamatan Nanggung baru Desa Kalong Liud yang kegiatannya menyerap dari APBDes,” ucapnya.

AKBP Muh Sably Noer menyampaikan, meski saat ini di wilayah Kabupaten Bogor untuk peredaran Narkoba masih terbilang landai. Tetapi, diharapkan pentingnya peran serta masyarakat dalam hal pencegahan.

“Agar terus berlanjut berkesimbungan kordinasi dan dukungan dari semua lapisan masyarakat agar bisa berjalan dengan aman kita harapkan desa desa lain bisa segera membentuk,” katanya.

Kegiatan itu dihadiri Kepala BNNK Bogor AKBP Muh Sably Noer, Kapolsek Nanggung, Danramil Nanggung yang diwakili Babinsa, Karang Taruna, KNPI serta elemen masyarakat itu berlangsung di Aula Kantor Desa Kalongliud.*

(Ruslan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here