Monday, 29 April 2024
HomeBeritaBukan Penyakit Mental, Overthinking Bisa Jadi Tanda Suatu Gangguan

Bukan Penyakit Mental, Overthinking Bisa Jadi Tanda Suatu Gangguan

Bogordaily.net– atau terlalu sering berpikir bukanlah , tetapi bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan mental yang mendasarinya. Hal tersebut diungkapkan Danielle Haig dari Principal Psychologist dari DH Consulting.

“Berpikir dan kekhawatiran yang berlebihan tentu saja bisa menjadi masalah yang melemahkan. Namun, ini bukan gangguan, melainkan gejala dari berbagai gangguan, seperti kecemasan, depresi, dan stres pasca trauma (PTSD),” jelas Danielle Haig dilansir Suara.com dari Metro UK.

Terlalu banyak berpikir cenderung terjadi ketika seseorang mengkhawatirkan sesuatu, pikiran akan bertindak berlebihan dan menghabiskan banyak energi untuk mencari solusi atas suatu masalah, baik yang nyata maupun yang dibayangkan.

“Itu seringkali terbukti melelahkan,” lanjut Haig.

Aktivitas ini bisa menimbulkan masalah jika dilakukan dari waktu ke waktu. Juga, apabila dilakukan secara berlebihan, maka penting untuk mulai mengendalikan pikiran tersebut.

Trainee Art Psychotherapist dari Starleng Arts, Lyni Sargent, juga meyakini bahwa penderita mungkin menganggap sebagai gejala penyakit. Akan tetapi orang yang tidak sakit pun sering berpikir secara berlebihan.

“Penting untuk tidak berasumsi bahwa seseorang menderita hanya karena satu gejala. Namun, tindakan medis harus tetap dicari jika merasa pikiran tersebut tidak dapat diatasi dan mengalami gejala lain,” imbuh Sargent.

Ada banyak cara untuk mengatasi , cara yang bertujuan menenangkan pikiran dan membantu berpikir jernih. Haig menekankan bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah sadar diri.

“Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengatakan secara lantang, ‘berhenti!', sangat membantu ketika megngucapkannya secara verbal untuk memutus pikiran tersebut,” saran Haig.

Banyak orang yang sering mengalihkan perhatiannya dengan melakukan kebiasaan tidak sehat, seperti minum atau makan berlebihan. Haig menyarankan untuk mengubah ke suatu hal yang lebih baik, misalnya membaca, olahraga, meditasi, menari, atau mendengarkan musik. Atau jika suka menulis, menuangkannya dalam bentuk tulisan juga bisa mengatasi .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here