Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaSuka Lupa? Ini Dia Cara Mengatasi Daya Ingat yang Lemah

Suka Lupa? Ini Dia Cara Mengatasi Daya Ingat yang Lemah

Bogordaily.net – Memiliki yang baik tentu akan sangat berpengaruh pada kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari. yang baik akan menunjang setiap aktivitasmu karena kamu tidak akan melewatkan sesuatu yang tidak terlalu penting sampai hal yang sangat penting.

Mungkin kamu punya teman atau barangkali kamu sendiri salah satunya, yang usianya masih muda tapi mudah lupa. Saat hendak bepergian, membawa ponsel, lupa mengunci rumah, atau sering ketinggalan dompet.

Ada beberapa kasus yang berakibat fatal akibat kurangnya . Mulai dari keran air yang lupa dimatikan sampai kompor yang dibiarkan menyala saat meninggalkan rumah.

Tentu kamu tidak mau hal seperti itu terjadi, bukan? Apalagi kamu yang kalau sudah punya janji untuk bertemu dengan seseorang.

Namun, kamu bisa mengatasinya. Dilansir dari  Alodokter, berikut 4 cara meningkatkan .

1. Mengasah otak dengan permainan
Siapa di antara kalian yang suka bermain teka-teki atau menyusun puzzle?

Permainan semacam ini dapat membantu kamu meningkatkan , lho. Meski terkesan biasa saja, tetapi permainan ini akan membuatmu berpikir secara terus menerus sehingga daya ingatmu akan dilatih secara perlahan.

Permainan lain yang juga bisa kamu coba adalah catur, bermain alat musik, atau menghafal gambar.

2. Istirahat yang cukup

Saat kamu kekurangan jam istirahat dalam hal ini tidur di malam hari, kinerja otak akan menurun.

Kamu akan kesulitan fokus dan cenderung mengabaikan hal-hal kecil di sekitar yang akhirnya menjadi kebiasaan. Kamu akan mudah lupa karena sudah terbiasa untuk mengabaikan.

3. Bersosialisasi secara aktif

Menjalin komunikasi secara rutin dengan orang sekitar, baik itu keluarga, teman, atau rekan kerja, dapat membantu meningkatkan kalian.

Karena saat berbincang dengan orang-orang, maka tingkat stres dalam diri kalian akan berkurang yang mana stres atau depresi menjadi salah satu faktor pemicu turunnya seseorang.

4. Memperhatikan asupan nutrisi

Penting untuk kamu memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhmu.

Dalam hal ini, kamu perlu mengonsumsi makanan seperti ikan, kacang-kacangan, dan sayuran hijau agar kinerja otak tetap terjaga.

Sebisa mungkin hindari minuman beralkohol karena bisa berdampak buruk pada kinerja otak apabila dikonsumsi secara berlebih.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here