Wednesday, 8 February 2023
HomeInternasionalCetak Rekor Sejarah! Dalam Sehari, Arab Saudi Eksekusi Mati 81 Orang

Cetak Rekor Sejarah! Dalam Sehari, Arab Saudi Eksekusi Mati 81 Orang

IIMS

Bogordaily.net–Sebanyak 81 orang dieksekusi mati Arab Saudi dalam sehari. Langkah tersebut dilakukan lantaran sebagian besar pelaku terlibat kasus terorisme. Arab Saudi pun mencetak rekor eksekusi terbanyak dalam satu hari sepanjang sejarah modern negara itu.

“Semua dinyatakan bersalah melakukan sejumlah kejahatan biadab,” kata seorang pejabat Saudi saat mengonfirmasi kabar tersebut, seperti dilaporkan Badan Pers Saudi (SPA).

Pejabat itu kemudian menjelaskan, puluhan narapidana yang dieksekusi mati memiliki kaitan dengan ISIS, Al-Qaeda, kelompok pemberontak Houthi di Yaman, atau sel-sel teror lainnya.

Sebagaimana dilansir CNN Indonesia dari AFP, pejabat itu juga mengatakan bahwa beberapa terdakwa merencanakan serangan terhadap situs-situs ekonomi vital di Saudi. Ada juga yang berencana menyerang atau membunuh pasukan keamanan Saudi. Sebagian lainnya dinyatakan bersalah atas dakwaan penyelundupan senjata.

Dari keseluruhan terpidana yang dieksekusi, 73 di antaranya merupakan warga negara Saudi, tujuh dari Yaman, dan satu berkebangsaan Suriah. Berdasarkan laporan SPA, 81 orang itu menjalani proses sidang di pengadilan Saudi.

Sementara itu eksekusi kali ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah moderen Saudi. Angka ini terpaut jauh dari eksekusi pada 2021 yang mencapai 69 orang dalam satu tahun.

Laporan pada Sabtu, 12 Maret 2022 ini mengalahkan rekor sebelumnya yang tercatat pada Januari 1980, saat Saudi mengeksekusi 63 terpidana kasus pendudukan Masjidil Haram.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

E-paper

Hari Pers Nasional

Selamat Tahun Baru 2023

Bank Kota Bogor