Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaChris John, Turut Prihatin Atas Kematian Hero Tito. Jadi Pembelajaran

Chris John, Turut Prihatin Atas Kematian Hero Tito. Jadi Pembelajaran

Bogordaily.net – Petinju dunia, mengungkapkan keprihatinannya tragedi yang dialamiĀ  . Petinju asal Malang bernama asli Heru Purwanto, meninggal pada Kamis 3 Maret 2022 setelah koma akibat kalah KO ronde 7 dari James Mokoginta.

ā€œPastinya sangat disayangkan jatuh korban lagi di olahraga tinju profesional Indonesia. Alangkah baiknya jika kita semua belajar dari peristiwa petinju yang sudah-sudah, di masa depan tragedi seperti yang dialami Heru tidak akan terjadi lagi,ā€ kata Chris.

Menurut Chris, hal terpenting yang harus dilakukan petinju adalah persiapan. Baik itu berupa porsi latihan, istirahat, makanan yang bergizi, dan minum yang cukup. Latihan tanpa diimbangi makan, minum, dan istirahat yang cukup justru akan menimbulkan bahaya bagi sang petinju.

ā€œTinju adalah olahraga yang keras dan berbahaya, sebab itu persiapan yang baik mutlak diperlukan. Jangan bersiap mendadak, dan sebaiknya dilakukan jauh hari. Dan sekali lagi, belajar untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena latihan. Cairan tubuh yang cukup sangat penting untuk melindungi otak, karena 80 persen dari tubuh manusia adalah cairan. Jika seorang petinju mengalami dehidrasi, maka perlindungan otak oleh cairan akan sangat kurang. Akibatnya petinju mudah cedera otak karena pukulan,ā€ kata mantan juara dunia ini.

Selain masalah persiapan petinju, Chris juga menyoroti kurangnya frekuensi pertandingan tinju profesional di Indonesia.

ā€œKarena frekuensi pertandingan yang kurang di Indonesia, petinju biasanya menjadi kurang fokus dalam persiapan. Latihannya cenderung tidak serius, seadanya saja. Seharusnya hal semacam ini dihindari,ā€ kata lagi.

merupakan petinju Indonesia ke-31 yang tewas seusai bertanding. Kepergian Hero dalam usia 35 tahun meninggalkan seorang istri dan dua orang putri.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here