Friday, 29 March 2024
HomeKulinerCobain Yuk, 7 Makanan Khas Sunda yang Enak dengan Cita Rasa Unik...

Cobain Yuk, 7 Makanan Khas Sunda yang Enak dengan Cita Rasa Unik Dijamin Bikin Ketagihan

Bogordaily.net–Berwisata ke Tanah Pasundan tidak lengkap tanpa mencicipi berbagai pilihan kulinernya. Tidak hanya enak, tetapi juga mengenyangkan dan pastinya bikin ketagihan. Cita rasa yang unik juga ditemukan pada yang tak terlupakan. Nah, dirangkum dari Suara.com, berikut ini deretan makanan Sunda yang wajib dicoba.

Nasi Tutug Oncom

Makanan pertama yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke wilayah Sunda tentu saja nasi tutug oncom. Keunikan makanan ini ada pada suguhan nasi yang sudah dicampur dengan oncom goreng atau bakar. Sebagai lauk pendamping, makanan yang dapat ditemukan dengan mudah di Tasikmalaya ini disajikan dengan ayam goreng, tempe dan tahu goreng, lalapan, dan tentunya sambal terasi.

Bakakak Hayam

Hayam merupakan Bahasa Sunda yang berarti makanan dengan bahan utama ayam. Cita rasa bakakak hayam cukup unik karena diolah dengan bumbu khusus sebelum kemudian dibakar. Bakakak hayam paling nikmat disantap dengan nasi hangat lengkap dengan sambal dan lalapannya.

Mie Kocok

Bagi pecinta olahan mie, tentu saja Mie Kocok khas Sunda tidak boleh dilewatkan. Rasa kuah bening yang khas berpadu dengan mie, tetelan sapi, serta bawang goreng dan seledri sebagai topping tentu menggugah selera. Mie kocok tentu paling pas disantap saat musim hujan dengan kuahnya yang panas dan mie yang lembut.

Empal Gepuk

Makanan khas Tanah Pasundan selanjutnya adalah empal gepuk. Tentu saja makanan satu ini terbuat dari irisan daging sapi yang sudah digoreng dengan aneka rempah pilihan. Bumbu empal gepuk umumnya dilengkapi dengan kelapa, jadi tidak mengherankan jika rasanya menjadi gurih dan lezat. Empal gepuk biasa disantap dengan nasi hangat, lalapan, dan tentu sambal.

Serabi

Siapa yang tidak tahu makanan gurih dan manis satu ini? Surabi menjadi camilan yang cocok untuk disantap di Tanah Pasundan maupun dibawa sebagai oleh-oleh.  Makanan satu ini terbuat dari tepung beras yang dibakar dengan tungku dari tanah liat. Cara memasak yang masih tradisional ini membuat serabi memiliki cita rasanya tersendiri. Awalnya surabi hanya disajikan dengan kuah gula merah. Namun saat ini, surabi sudah memiliki berbagai pilihan topping mulai dari coklat, keju, hingga ayam dan kornet.

Tahu Gejrot

selanjutnya ada tahu gejrot. Makanan ini tepatnya berasal dari Cirebon dan terbuat dari potongan tahu Sumedang yang disajikan dengan bumbu cabai yang menggugah selera. Bumbu tahu gejrot sendiri dilengkapi dengan bawang putih, bawang merah, cabe rawit, dan kencur. Anda bisa menyesuaikan sendiri loh tingkat kepedasannya.

Nasi Timbel

Nasi timbel dibungkus dengan daun pisang ini disajikan lengkap dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, ikan, asin, lalapan, dan tentunya sambal terasi. Jangan lupa kelezatan mengenyangkan dari Nasi Timbel khas Sunda ini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here