Monday, 6 May 2024
HomeKota BogorCuaca Ekstrem Akan Melanda Bogor, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Cuaca Ekstrem Akan Melanda Bogor, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Bogordaily.net-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika () meminta masyarakat dan sekitarnya mewaspadai menjelang memasuki musim kemarau Juni 2022.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG , Indra Gustari menuturkan, setelah melewati puncak musim penghujan Januari-Februari lalu, wilayah dan Depok akan memasuki fase musim kemarau pada Juni 2022.

“Di wilayah Jawa Barat umumnya, musim kemarau mulai terjadi April hingga Juli 2022. Untuk wilayah dan Depok diprediksi terjadi pada Juni,” kata Indra, dalam rilis yang tertulis, Jumat 25 Maret 2022.

Kata dia, ada perbedaan awal musim kemarau pada tahun ini dibanding awal kemarau pada 2021 yang terjadi pada April di wilayah .

Mundurnya awal musim kemarau, lanjut Indra, dikarenakan kondisi La Nina lemah dan diprediksi berangsur menuju netral pada periode Maret–April-Mei 2022 dan saat ini, kondisi suhu muka air laut di perairan Jawa dan hampir seluruh Indonesia relatif lebih hangat dibanding normalnya.

“Puncak musim kemarau untuk wilayah diperkirakan umumnya terjadi pada bulan Agustus-September 2022,” kata Indra.

Untuk itu, lanjut Indra, perlu diwaspadai periode peralihan musim April hingga Mei 2022 berpeluang terjadinya seperti hujan lebat, angin kencang, puting beliung, dan hujan es.

“Pada umumnya setiap masa peralihan musim terjadi dan masyarakat perlu mewaspadainya,” terangnya.

Selain itu, pemerintah daerah dan masyarakat melakukan penyimpanan air pada masa peralihan musim hujan ke musim kemarau dengan memenuhi danau, waduk, embung kolam retensi dan penyimpanan air buatan lainnya.

Indra juga menambahkan, untuk menekan risiko penurunan hasil pada lahan sawah, pengelolaan air bagi kebutuhan pertanian harus dilakukan lebih hemat dan penggunaan varietas yang toleran kekeringan.*

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here