Tuesday, 30 April 2024
HomeTravellingCurug Nangka, Destinasi Wisata Alam Bogor yang Wajib Dikunjungi

Curug Nangka, Destinasi Wisata Alam Bogor yang Wajib Dikunjungi

Bogordaily.net-Curug Nangka adalah objek air terjun di kaki Gunung Salak. Objek ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Berada di ketinggian 750 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL) dan dikelilingi hutan pinus membuat hawanya sangat sejuk.

Wana seluas 17 hektar ini dibuka untuk umum sejak 1991 oleh Perhutani. Suhu area ini berkisar 20 – 22ºC. Lokasinya berada di Ciapus, , Jawa Barat dengan rute yang juga dapat dijangkau menggunakan kendaraan umum.

Keindahan Curug Nagka merupakan daya tarik utama tempat ini. Air terjun ini berada di tengah dua tebing dan pepohonan yang mengelilingi alirannya, air yang jernih dan udara yang segar sangat cocok untuk tempat bersantai.

Curug yang punya ketinggian sekitar 25 meter ini memberikan sensasi kesegaran alam dengan suasana segar dan alami. Tak aneh memang jika para wisatawan kerap datang berkali-kali ke Curug yang indah dan sejuk.

Lokasi Curug Nangka berada di ketinggian dengan jalur berliku dan menanjak. Namun sudah ada jalan setapak dengan medan yang sudah dibuat senyaman mungkin.
Jarak pintu gerbang menuju curug sekitar 700 meter. Memasuki kawasan , wisatawan akan disuguhi keindahan yang alami.

Ada deretan pohon pinus, persawahan serta pemandangan pegunungan yang bikin perjalanan terasa menyenangkan. Namun menyusuri area Curug Nangka dengan berjalan kaki memiliki tantangan tersendiri. Hati-hati saat berjalan sehabis hujan agar tidak terpeleset.

Curug Nangka adalah surganya pehobi foto. Ada banyak spot yang keren untuk selfie atau wefie bersama keluarga atau sahabat.

Wisatawan menjadikan kolam di bawah air terjun sebagai spot favorit karena tidak berbatu. Latar favorit lain yakni pepohonan pinus di sekitar area . Pepohonan pinus yang berjajar rapi ini terlihat sejak memasuki area parkir.

Di lokasi ini banyak wisawatan berhenti sejenak untuk mengabadikan momen liburan. Anda juga bisa berfoto dengan kera asal berani mendekatinya. Namun hal ini bisa berisiko, apalagi jika Anda membawa makanan atau barang berharga.

Bahkan, menurut Andriansyah (38) warga asal Kecamatan Ciomas tersebut sudah mengunjungi Curug Nangka sebanyak 2 kali, meski demikian curug tersebut tetap menjadi destinasi yang favorit untuk akhir pekan.

“Bagus emang tempatnya mas, sejuk, terus juga ada tempat kemping, udah dua kali, sama sekarang jadi tiga kali,” ungkapnya, Jumat 25 Maret 2022.

Harga tiketnya sangat aman dikantong karena harga cukup terjangkau, Rp22.500 per orang (Rp7.500 untuk gerbang pertama, Rp15.000 untuk gerbang kedua).

 

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here