Saturday, 20 April 2024
HomeKota BogorDandim 0606/KB Beri Pesan 5 Nilai Dasar Bela Negara Dalam Pelatihan Kader...

Dandim 0606/KB Beri Pesan 5 Nilai Dasar Bela Negara Dalam Pelatihan Kader dan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kota Bogor Tahun 2022

Bogordaily.net – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0606/Kota Bogor SIP memberi pesan tentang 5 nilai-nilai dasar bela Negara, kepada 145 orang dalam kegiatan pelatihan kader dan .

Acara tersebut diselenggarakan di Green Forest Bogor Pamoyanan Jalan Somantradiredja No.99, RT03/RW12, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Senin 14 Maret 2022.

Pada kesempatan itu, SIP menyampaikan, 5 nilai dasar dalam bela negara yaitu cinta tanah air, rela berkorban, setia kepada Pancasila, pendidikan kemampuan awal bela negara, sadar berbangsa bernegara.

Latihan pendidikan memberikan pemahaman pengetahuan tentang bela negara. Pendidikan awal bela Negara ini adalah salah satunya. ada beberapa kegiatan lain sebagai bentuk turut serta dalam Wasbang dan Belneg yaitu pendidikan dasar kemiliteran melalui Komcad.

“Sekarang ada komponen cadangan yang memenuhi syarat. Masyarakat Yang ikut bergabung masuk TNI atau Polri,” kata Dandim 0606/Kota Bogor SIP.

Dirinya menjelaskan, bahwa hal ini adalah wamil ataupun militer sukarela. Kemudian juga seluruh warga negara kriteria dibidang profesi,

“Seperti pegawai negeri, seluruh profesi warga Negara harus mengerti dan paham tentang makna wawasan kebangsaan dan Bela Negara,” jelasnya.

5 Nilai Dasar Negara

Perlu diketahui bahwa dalam UUD 1945 pada Pasal 27 dan 30 menjelaskan setiap warga negara wajib dan berhak dalam upaya-upaya melaksanakan keikutsertaannya dalam upaya Bela negara. Tentunya ini tertuang dalam UUD 1945 dan salah satunya UU RI No 27 No 3 thn 2002, UU No 34 thn 2004.

“Salam pertahanan negara ada beberapa hal yang perlu kita ketahui seperti komponen bagian dari pertahanan negara yaitu komponen utama dan komponen cadangan,” ucapnya.

Selain komponen utama ada juga komponen cadangan dan pendukung, hal tersebut meliputi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya buatan, sarana dan prasarana yang ada di wilayah.

“Pada kegiatan ini kita dalam posisi upaya peningkatan sumber daya manusia melalui PKBN,” ungkapnya.

Meski begitu, Roby Bulan menerangkan, bahwa SDA , SDM, SDB, Sarpras. Ini menjadi hal yang penting dan Strategis dari tinjauan aspek pertahanan Negara.

Selain Dandim, turut hadir Walikota Bogor, Kajari, Ditjen Kemendagri dan Kakesbangpol Kota Bogor yang turut memberikan arahan dan peyuluhan kepada kader PKBN.*

(Ibnu Galansa Montazery)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here