Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaDear Perempuan, Berikut Jenis-Jenis Cek Kesehatan Rutin yang Harus Dilakukan

Dear Perempuan, Berikut Jenis-Jenis Cek Kesehatan Rutin yang Harus Dilakukan

Bogordaily.net– Seiring bertambahnya usia, tubuh mulai berubah. Tubuh yang lemah akan berisiko terkena masalah nantinya. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan secara rutin untuk memastikan kondisi Anda. Nah, bagi perempuan, apa saja jenis yang dianjurkan? Dilansir Suara.com dari HealthShots, berikut rutin yang harus dilakukan perempuan.

Tes Pap Smear

Tes Pap Smear dikenal sebagai tes pap atau Tes Papanicolaou. Prosedur skrining ini untuk mendeteksi dan mendiagnosis kanker serviks. Selain itu, tes ini akan menguji keberadaan sel kanker, atau prakanker di pembukaan rahim dan leher rahim. Pemeriksaan ini disarankan bagi perempuan berusia di atas 21 tahun. Dan tes ini minimal dilakukan selama tiga tahun sekali. Di samping itu, jika ada wanita yang menderita HIV atau memiliki sistem kekebalan yang lemah, lakukan Tes Pap lebih sering.

Pemeriksaan panggul

Pemeriksaan panggul adalah pemeriksaan fisik pada vagina, leher rahim, kandung kemih, rahim, saluran tuba, ovarium, dan rektum. Selama pemeriksaan ini, dokter akan memeriksa area di luar vagina dan mulai memeriksa organ lainnya.

Kapan pemeriksaan ini dilakukan? Dokter menyarankan untuk melakukan tes ini setiap tahun. Namun, jika perempuan memiliki penyakit dari riwayat keluarga, sebaiknya lakukan tes ini lebih sering.

Mammogram

Mammogram adalah rontgen untuk memeriksa payudara. Tes ini dikakukan untuk mendeteksi dan mendiagnosis kanker payudara, sekaligus membantu mendeteksi dini kanker payudara secara teratur. Selama tes mammogram, dokter menyarankan beberapa rontgen payudara untuk memeriksanya dengan cermat.

Pemeriksaan ini harus dilakukan perempuan berusia 45-55 tahun, dan harus dilakukan selama setiap tahun. Namun, bila memiliki riwayat dari keluarga, sebaiknya lakukan seperti yang disarankan oleh dokter.

Tes fungsi tiroid

Tes fungsi tiroid biasanya dilakukan untuk memeriksa kelenjar tiroid dalam tubuh, apakah bekerja baik atau tidak. Fungsi kelenjar ini penting untuk mengatur banyak proses di tubuh seperti pembangkitan energi, metabolisme, dan suasana hati. Untuk pemeriksaan, dokter akan menyarankan Anda untuk diuji setelah menyelesaikan setiap dosis. Jika hasilnya normal, coba lakukan pemeriksaan ulang setiap tahunnya.

Uji panel lipid

Profil lipid digunakan untuk menilai risiko penyakit kardiovaskular. Ini termasuk kombinasi tes darah dengan bantuan yang mengukur tingkat empat jenis lipid dalam darah. Untuk perempuan yang sehat, harus mendapatkan profil lipid yang dilakukan setiap 2-3 tahun. Tapi, jika mereka punya riwayat penyakit keluarga seperti jantung, disarankan lakukan pemeriksaan lebih sering.

Tes tekanan darah

Tes tekanan darah dilakukan untuk memeriksa jumlah tekanan pada pembuluh darah. Tes dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut sphygmomanometer. Tekanan darah tinggi atau rendah, dapat memiliki efek tertentu pada tubuh seseorang. Jika tekanan darah tinggi, hal ini dapat menyebabkan risiko seperti stroke. Sedangkan tekanan darah rendah dapat menyebabkan pingsan, pusing, bahkan koma.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here