Thursday, 9 May 2024
HomeBeritaDear Wanita, Coba Konsumsi Ini untuk Lancarkan Menstruasi

Dear Wanita, Coba Konsumsi Ini untuk Lancarkan Menstruasi

Bogordaily.net–Sebagian wanita pasti pernah mengalami masa-masa terlambat datang bulan atau haid. Beberapa orang terkadang mengira, di antaranya terlambat haid sebab sedang dalam masa kehamilan awal. Dirangkum dari laman Hops.id—Jaringan Suara.com, tidak semua kasus terlambat haid disebabkan oleh kehamilan.

Sejumlah faktor selain hamil tentu saja bisa jadi penyebab seseorang mengalami kasus terlambat datang bulan. Di antaranya, seseorang bisa mengalami telat haid akibat gangguan hormon, peningkatan berat badan, stres dan masih banyak lagi lainnya. Selain memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter, ada beberapa cara yang bisa dicoba agar masa haid kembali lancar, salah satunya dengan menjalankan pola hidup sehat dan mengonsumsi sejumlah makanan. Berikut ini daftar makanan untuk memperlancar haid:

Jahe

Cara melancarkan haid yang terlambat dua bulan juga bisa dilakukan dengan jahe. Diperkaya vitamin C dan magnesium, jahe terbukti bisa memperlancar yang tidak teratur dan meredakan PMS. Selain itu, manfaat lain dari jahe bisa mengurangi volume darah yang keluar secara berlebihan. Konsumsi jahe maksimal 4 gram karena jika terlalu banyak bisa memicu asam lambung.

Makanan yang mengandung vitamin B

Makanan yang kaya akan vitamin B dapat melancarkan haid dan meredakan gejala PMS seperti keram perut, sakit pinggang, nyeri dada, hingga emosi tidak stabil. Di antara makanan yang mengandung vitamin B adalah aneka sayuran hijau seperti asparagus, brokoli, dan bayam.

Buah nanas

Nanas mengandung bromelain yaitu enzim yang bisa melembutkan dinding rahim, sehingga aliran darah turun lebih lancar dan membantu siklus secara teratur. Manfaat lain dari buah ini juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan putih yang bisa melancarkan siklus darah dalam tubuh.

Buah pepaya

Buah yang terkenal dengan baunya yang khas ini memang terbukti dapat melancarkan . Kandungan karoten di dalamnya bermanfaat untuk menjaga hormon estrogen di dalam tubuh. konsumsi pepaya tidak perlu terlalu banyak yang penting dilakukan secara rutin.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rimpang yang dikenal turun temurun mampu melancarkan sekaligus atasi nyerinya. Meski belum ada penelitian klinis namun laman Insider menulis sebuah penelitian di tahun 2020 yang menyebut kunyit mampu memberikan efek ekstra saat dikonsumsi beberasa saat setelah obat antiinflamasi seperti asam mefenamat.  Ini karena kunyit meningkatkan efek anti-inflamasi NSAID, membuatnya lebih efektif melawan kram . Tak hanya itu kunyit juga dapat membantu mengendurkan otot dan mencegah kontraksi rahim yang menyakitkan juga merangsang keluarnya mens.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here