Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaDengan Syarat, Putin Akan Hentikan Serangan ke Ukraina

Dengan Syarat, Putin Akan Hentikan Serangan ke Ukraina

Bogordaily.net – Ada syarat yang harus dipenuhi Ukraina agar mau menghentikan serangan militernya. Hal itu disampaikan Presiden kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam percakapan telepon pada Minggu 6 Maret 2022 waktu setempat.

“Kiev harus berhenti meluncurkan aksi militernya, menurunkan senjata, dan memenuhi semua tuntutan Moskow agar invasi ke Ukraina berhenti,” kata Putin kepada Erdogan, seperti dikutip dari RMOL, Senin, 7 Maret 2022.

Putin juga meyakinkan Erdogan bahwa siap untuk berdialog dengan pihak Ukraina, serta dengan mitra asing, untuk menemukan solusi damai atas konflik tersebut.

Namun, Putin memperingatkan bahwa setiap upaya untuk menunda negosiasi, yang kemungkinan akan digunakan oleh Ukraina untuk mengumpulkan kembali kekuatan dan asetnya, akan memperumit situasi dan sia-sia.

“Militer melakukan segala kemungkinan untuk melindungi warga sipil, kami hanya melakukan serangan terhadap fasilitas militer Ukraina,” kata Putin.

Erdogan menghubungi Putin pada Minggu 6 Maret 2022, mendesak melakukan gencatan senjata.

“Mari kita buka jalan untuk perdamaian bersama-sama,” kata Erdogan.

Erdogan juga menegaskan kembali keinginan Turki untuk berkontribusi pada penyelesaian krisis melalui mediasi dan cara diplomatik lainnya.

“Ankara tetap berhubungan dekat dengan Kiev dan negara-negara lain mengenai masalah ini,” ujarnya.

Turki mengutuk invasi dan mendukung integritas wilayah Ukraina, tetapi juga menentang sanksi internasional yang keras, yang dirancang untuk mengisolasi Moskow.

Pemerintah di Ankara berharap untuk mengadakan pembicaraan antara menteri luar negeri dan Ukraina minggu depan di Turki selatan. Sejauh ini, ide tersebut disambut baik oleh Moskow dan Kiev.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here