Friday, 29 March 2024
HomeEkonomiDeputi BI: Dimasa Pandemi, Ekonomi Indonesaia Pulih Lebih Cepat

Deputi BI: Dimasa Pandemi, Ekonomi Indonesaia Pulih Lebih Cepat

Bogordaily.net – Deputi Bank Indonesia (BI) Juda Agung mengatakan pemulihan berjalan lebih cepat di tengah situasi pandemi. Pemulihan ini terlihat dari mobilitas masyarakat yang menuju normal, serta penjualan ritel, dan Indeks Kepercayaan Konsumen yang meningkat.

Prospek tersebut didukung oleh perbaikan global, peningkatan produktivitas domestik sebagai akibat dari reformasi struktural termasuk percepatan reformasi digitalisasi , keuangan negara, dan pasar primer, serta penguatan sektor usaha kecil dan menengah.

“Tahun lalu, pertumbuhan kita 3,69 persen. Saat ini, pertumbuhan diproyeksi bertumbuh,” ujar Deputi BI dalam Business Forum Indonesia Halal Markets 2022, Senin, 14 Maret 2022.

Pemulihan didukung oleh pembukaan kembali sektor , seperti manufaktur, industri, perdagangan, dan pertanian. Dengan momentum ini, Juda juga berharap sektor pariwisata semakin pulih seiring normalisasi mobilitas.

“Seperti yang kalian tahu, minggu depan, kita akan menyelenggarakan MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Penyelenggaraan ini mempercepat pemulihan dalam jangka menengah,” katanya.

Menurut Juda, pengembangan syariah dan keuangan halal berkontribusi terhadap kinerja ekonomi secara keseluruhan. Berdasarkan Indonesia Halal Market Reports, Indonesia mengalami lonjakan pertumbuhan ekonomi syariah sejak tahun 2018.

“Ekonomi syariah global juga telah berkembang selama lima tahun terakhir,” tutupnya.

Di sisi lain Juda menyampaikan sektor ekonomi industri halal terus menunjukkan ketahanannya di masa pandemi, begitu pula dengan bisnis syariah yang tumbuh positif dalam basis pemulihan, sejalan dengan peningkatan aktivitas bisnis nasional.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here