Friday, 3 May 2024
HomeBeritaDeretan Manfaat Kacang Hijau, Sumber Energi hingga Cocok untuk Perawatan Kecantikan

Deretan Manfaat Kacang Hijau, Sumber Energi hingga Cocok untuk Perawatan Kecantikan

Bogordaily.net–Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan kaya manfaat. Berbagai kandungan nutrisi pada bahan makanan satu ini membuatnya dapat memelihara bahkan meningkatkan tubuh.Kacang-kacangan dikenal kaya akan manfaat bagi tubuh. Dengan begitu, tidak heran jika kacang hijau termasuk jenis kacang-kacangan yang sering dijadikan sebagai menu diet. Dilansir Suara.com dari laman food ndtv, berikut bagi .

Sumber energi

Kacang hijau mengandung zat besi hampir dua kali lipat dibandingkan bayam. Zat besi berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh yang tentunya dapat mengoptimalkan jumlah energi yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas.

Memperbaiki kulit, rambut, dan gigi

Salah satu kandungan kacang hijau adalah silikon yang mudah diserap tubuh. Silikon ini berguna dalam pembentukan jaringan ikat yang sehat dan memperkuat kuku dan meningkatkan kulit.

Memelihara tulang

bagi lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Kacang hijau kaya akan Vitamin yang berfungsi mengaktifkan osteocalcin, yakni protein non-kolagen utama yang ditemukan di dalam tulang. Senyawa ini dapat memperkuat kalsium di dalam tulang, khususnya bagian dalam.

Menangkal radikal bebas

Salah satu kandungan kacang hijau adalah antioksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kacang hijau juga mengandung antioksidan jenis lutein, beta-karoten, violaxanthin, dan naoxanthin yang fungsinya sebanding dengan karotenoid pada wortel.

Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan kalsium dan flavonoid pada kacang hijau dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung. Flavonoid dalam jumlah yang tinggi dapat menumbuhkan sifat anti inflamasi yang bisa membantu mengatur aktivitas trombotik dalam sel dan mencegah pembekuan darah di arteri.

Menjaga kesehatan mata

bagi kesehatan selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata dengan kandungan karotenoid yang dimilikinya. Dengan karotenoid, degenerasi makula atau penurunan penglihatan pada mata dapat dicegah. Selain itu, kacang hijau mengandung lutein dan zeaxanthin yang dapat memperbaiki penglihatan mata di malam hari.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here