Dua Sekolah di Kota Bogor Ambruk

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam Turun Hari Ini, Cek Harganya! Kecelakaan, Dua Pengendara Motor Terjatuh dari Flyover Pademangan Cara Beli Tiket Kereta Promo KAI 17 Agustus 2022 Cek Lokasi Sim Keliling, Senin 8 Agustus 2022 Ramalan Cuaca Kota Bogor Hari Ini, Senin 8 Agustus 2022

Kota Bogor · 28 Mar 2022 17:29 WIB

Diguyur Hujan Deras, Dua Sekolah di Kota Bogor Ambruk


 Kondisi Dua Bangunan Sekolah Dasar yang Ambruk Karena Hujan Deras. (Heri/Bogordaily.net) Perbesar

Kondisi Dua Bangunan Sekolah Dasar yang Ambruk Karena Hujan Deras. (Heri/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Dua sekolah dasar (SD) di Kota Bogor, yakni SD Negeri Ciheleut 1 dan Ciheleut 2 ambruk usai diguyur hujan yang terjadi pada Minggu malam atau Senin dini hari, 28 Maret 2022.

Pantauan di lokasi, terlihat puing-puing bangunan di dua sekolah itu berserakan menimpa bangku dan meja. Akibatnya, bangku dan meja didalam ruang kelas menjadi rusak, pun begitu dengan fasilitas lainya seperti papan tulis, buku, lemari dan kipas angin.

Kepala SDN Ciheleut 1 Bogor, Gunawan mengungkapkan, gedung sekolah yang saat ini ambruk memang kondisinya sudah tua atau sudah keropos. Sehingga ketika diguyur hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Minggu malam, dua ruang kelas tersebut tak lagi kuat menahan beban dan akhirnya ambruk.

“Memang kondisinya sudah tidak layak, dan selama pandemi ruang kelas itu tidak lagi ditempati karena khawatir dan benar saja ruang kelas tersebut ambruk semalam,” ungkap Gunawan kepada wartawan, Senin siang, 28 Maret 2022.

Lanjut dia, untuk totalnya itu sebetulnya ada 4 ruang kelas yang kondisinya sudah rusak parah, namun yang ambruk dua kelas, dan kedua ruang kelas tersebut merupakan ruang kelas milik SDN Ciheleut 1 dan 2.

“Untuk 4 ruang kelas itu sudah kami ajukan ke Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor untuk segera di revitalisasi atau diperbaiki. Namun belum sempat diperbaiki, dua ruang kelas sudah ambruk,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala SDN Ciheleut 2 Kota Bogor, Dede Farida menjelaskan, dua ruang kelas yang ambruk itu terjadi sekitar pukul 00.00 WIB, dimana kala itu sedang di guyur hujan dengan intensitas tinggi.

“Sudah lama itu ruang kelas tidak kita isi, karena kan memang kondisinya sudah tua, sudah keropos. Jadi kita sudah antisipasi dari awal,” katanya.

Dede melanjutkan, kedua ruang kelas yang kini ambruk itu terakhir diperbaiki di tahun 90-an, sehingga jika kita hitung maka usianya sudah tua dan memang harus segera diperbaiki.

“Jauh sebelum terjadi kita sudah mengamankan aset-aset yang berharga seperti buku, tetapi masih ada buku-buku lain yang tidak sempat diselamatkan. Kemudian peta atau globe, papan tulis dan kipas angin belum sempat kita selamat, termasuk bangku dan meja,” terangnya.

Dede mengaku, pihak Dinas Pendidikan memang sudah ke sini untuk meninjau lokasi, bahkan sudah dilakukan pengukuran. Tetapi, sebelum diperbaiki ruang kelas I dan IV ini sudah terlebih dulu ambruk.

“Pengajuan perbaikan sudah lama, kadis sudah datang ke sini, katanya harus menunggu lelang sekitar 3 bulan baru akan dilaksanakan sekitar bulan Juni dan November selesai,” ujarnya.

Kendati demikian, dengan ambruknya ruang kelas dan juga dalam kondisi yang rusak itu, maka kata Dede, ruangan kelas untuk siswanya itu semakin berkurang. Sebab, dari 14 rombel yang ada, hanya 4 ruang kelas yang bisa digunakan, apalagi ditambah dua ruang kelas lainnya yang kondisinya sudah rusak parah, sehingga yang bisa digunakan ada dua ruangan saja secara bergiliran.

“Di sini ada 14 rombel, sedangkan ruang kelas cuma 4. Tapi sekarang ada dua ruang kelas yang rusak parah. Artinya cuma dua ruang kelas saja yang bisa digunakan,” pungkasnya.

(Heri Supriatna)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Sambut 10 Muharram 1444 H, Perumda Tirta Pakuan Santuni Seratus Anak Yatim

8 Agustus 2022 - 20:26 WIB

Perumda Pakuan

Peduli Pendidikan, BSI Adakan Program ‘BSI Goes To School’

8 Agustus 2022 - 19:12 WIB

Goes to school

Jelang Hari Kemerdekaan, Sertu Rohatna S Hadiri Persiapan Kegiatan Bersama Warga

8 Agustus 2022 - 16:10 WIB

Sertu Asmadi Lakukan Giat Rapat Bahas Stunting Bersama DPPKB Kota Bogor

8 Agustus 2022 - 15:34 WIB

Sambut HUT RI ke-77, Karang Taruna Kota Bogor Gelar Rangkaian di Tingkat Kelurahan hingga Kecamatan

8 Agustus 2022 - 15:19 WIB

Peltu Tamjid Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Booster di Wilayah Binaan

8 Agustus 2022 - 13:18 WIB

Trending di Kota Bogor