Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorDikunjungi 14 Desa dari Kabupaten Tanah Laut, Desa Pasirmukti Terima Studi Banding

Dikunjungi 14 Desa dari Kabupaten Tanah Laut, Desa Pasirmukti Terima Studi Banding

Bogordaily.net, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor menerima dari Kecamatan Bati-bati, , Provinsi Kalimantan Selatan pada Kamis 24 Maret 2022.

Kepala Desa (Kades) Pasirmukti, Kamaludin mengatakan, yang dilakukan oleh 14 desa dari kecamatan Batibati ini bertujuan untuk pembelajaran perkembangan UMKM di Provinsi Kalimantan sana.

“Barangkali padangan mereka ini berhasil menangani peningkatan kapasitas UMKM, khususnya perkembangan grafiknya yang lumayan cepat,” Ungkapnya, Kamis 24 Maret 2022.

Kamal mengatakan ini memberikan momentum untuk masyarakat lebih percaya diri lagi.

“Juga untuk memperbaiki semangat Masyarakat Desa supaya kedepannya menjadi edukasi dan bagaimana kami lebih mendorong agar UKM di kami lebih meningkat lagi seperti yg kita inginkan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Kamal memaparkan, pentingnya kerjasama dengan beberapa akademisi, seperti yang telah dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Pasirmukti dengan Universitas UIKA dan Universitas lainnya.

“Ini adalah suatu pembinaan salah satu SDM, selain dengan universitas, secara teknis kita juga menggandeng dari beberapa dinas yang ada di kabupaten bogor agar meningkatkan kualitas dan kemampuan produk maupun marketnya,” Tuturnya.

Di tempat yang sama, Camat Bati-bati, Rudy mengatakan, 14 desa dari ke Desa Pasir Mukti ini adalah suatu kunjungan teragenda.

“Karena sebelum kita pernah berkunjung juga di tahun 2016. Namun tahun ini kita lebih pada pendalaman masalah UMKM, Ucapnya.

Rudy mengatakan, pihaknya datang ke Kabupaten Bogor dalam rangka pembelajaran pengelolaan UMKM Desa.

“Tentunya itu kami akan bawa pulang ke kalimantan untuk mengembangkan apa yang kami dapat dari sini,” Katanya.

Lebih lanjut, menurut Rudy, ada beberapa ilmu yang didapat saat berkunjung ke Kecamatan Citeureup ini.

“Kami ingin mengembangkan UMKM di setiap desa yang ikut dalam study ini, meliputi ada 14 desa dari kecamatan batibati, dengan harapan kami bisa mengambil manfaat dan bekerjasama dengan pihak-pihak perusahaan yang bisa mendukung kegiatan di setiap di desa kami,” pungkasnya.*

 

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here