Thursday, 18 April 2024
HomeKulinerDoclang, Kuliner Bogor yang Sudah Jarang Ditemui

Doclang, Kuliner Bogor yang Sudah Jarang Ditemui

Bogordaily.net salah satu kuliner Bogor yang sudah jarang temui alias langka. Makanan singkatan dari Medok Kacang ini disajikan dengan bumbu kacang yang kental atau bahasa Sundanya “medok”.

Kalau ke Bogor naik kereta, cobalah menyebrang ke arah jembatan Merah. Di sana ada penjual dengan gerobaknya. Ada dari pagi sampai sore, tapi yang jualan bergantian.

Di tempat lain juga ada, tapi penjual memang sudah jarang. Beda dengan penjual Soto mie Bogor yang bisa kita jumpai di mana-mana. Penjual hanya di tempat-tempat tertentu saja.

Gak perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam, karena harganya murah meriah. Cukup dengan uang Rp12.000 kita bisa menikmati seporsi . Tapi kalau kamu gak suka pakai telur, maka kamu cuma membayar Rp 10.000 untuk seporsi tanpa telur.

Seporsi berisi irisan ketupat, tahu, kentang, telur dan tauge. Kemudian disiram dengan saus kacang yang kental dan rasanya agak manis. Di antaranya ditaburi bawang goreng dan kerupuk.

Mirip ketoprak kalau di Jakarta atau Cirebon. Yang membedakan di sini, ketupatnya dibuat besar banget dan diiris-iris kecil. Bumbu kacangnya kalau lebih kental dan rasanya lebih manis dibanding Ketoprak.

Penasaran sama ? Yuk jalan-jalan ke Bogor. Kuliner Bogor gak cuma Soto Mie aja lho. Ada yang enak dan murah meriah.*

(Albin Pandita Febriyantama)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here