Saturday, 27 April 2024
HomeKabupaten BogorDongkrak RLS, Ade Yasin Kerahkan Camat Hingga Kades

Dongkrak RLS, Ade Yasin Kerahkan Camat Hingga Kades

Bogordaily.net – Untuk terus mendongkrak angka (), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengerahkan para camat dan kepala desa. Hal itu dilakukan guna pimpinan di wilayah mempunyai peran mewujudkan wajib belajar 9 tahun.

Bahkan, Bupati Bogor Ade Yasin menilai, langkah tersebut penting dilakukan mengingat di Kabupaten Bogor baru mencapai angka 8,31 tahun, jauh lebih rendah dibandingkan secara nasional yakni 8,54 tahun.

“Para camat dan kades juga harus melakukan kurasi data penduduk usia sekolah dan usia 25–55 tahun yang belum mencapai wajib belajar sembilan tahun dengan mengoptimalkan peran RT dan RW,” kata Ade Yasin, Kamis 24 Maret 2022.

Camat dan kepala desa, kata Ade Yasin, harus mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat () untuk menggenjot angka di Kabupaten Bogor.

“Setelah itu, camat dan kades harus membentuk satgas desa, serta mengoptimalkan yang ada di wilayahnya. Sementara Pemkab Bogor akan mela­kukan penilaian terhadap kecamatan dan desa terkait capaian ini,” tambahnya.

Politisi PPP itu juga meminta, kades dan camat mendorong pesantren yang tidak memiliki pendidikan formal agar bekerja sama dengan sekitar, dengan membentuk satuan pendidi­kan muadalah.

Lanjutnya, ia menjelaskan be­berapa cara lain juga bisa dilakukan untuk meningkat­kan . Misalnya, mendorong dunia usaha dan industri agar ikut serta meningkatkan tarap pendidikan karyawannya se­cara berjenjang.

Ia juga menegaskan, para kades perlu me­wajibkan perangkat desa hingga kader Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejah­teraan Keluarga (TP-PKK) untuk menempuh wajib belajar sembilan tahun.

“Camat hingga kades perlu mengoptimalkan peran lem­baga pendidikan, organisasi profesi pendidik, dan dunia usaha. Selain itu bisa memak­simalkan ormas dan majelis taklim untuk mendorong ang­gotanya melanjutkan pendi­dikan (paket A, B, dan C),” jelas Ade Yasin.*

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here