Thursday, 9 May 2024
HomeKabupaten BogorDrainase Buruk dan Tumpukan Sampah Biang Banjir di Pasar Ciawi Bogor

Drainase Buruk dan Tumpukan Sampah Biang Banjir di Pasar Ciawi Bogor

Bogordaily.netPasar tradisional Ciawi di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor kerap dilanda banjir. Tak sedikit kios-kios di , terlebih kios yang berada di lantai dasar selalu digenangi air kala hujan melanda di kawasan tersebut.

Menurut salah seorang pedagang di , Yani, banjir yang sering melanda akibat saluran air atau drainase kondisinya sudah tidak layak dan ditambah banyaknya sampah di dalamnya. Alhasil air tidak mengalir dengan baik dan airnya malah tumpah ke jalan hingga menggenangi kios-kios yang ada di lantai dasar.

“Penyebab banjir itu akibat saluran air yang melintas ke pasar tidak berfungsi dengan baik. Bila terjadi turun hujan deras tumpahan air itu meluap dan tumpah ke pasar hingga area basemen,” ujarnya, Minggu, 11 Maret 2022.

Ia mengaku kondisi drainase yang buruk seperti itu membuat pasar yang selama ini menjadi tempat mengais rezeki kerap banjir dan terakhir terjadi pada Sabtu pekan lalu. Bahkan, peristiwa tersebut sudah ke empat kalinya selama tahun 2022 ini.

“Iya, kalau tidak salah kejadian Sabtu lalu merupakan kali keempat di sepanjang tahun 2022,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Unit (Kanit) , Dadang Mulyadi membenarkan banjir yang terjadi di akibat saluran air (drainase) yang tidak efektif menampung air saat hujan turun.

“Bila curah hujan tinggi, daya tampung drainase kurang akibat tersendat, air meluap ke atas,” katanya.

Untuk meminimalisir banjir di , pihaknya rutin menggelar operasi bersih, seperti membersihkan drainase yang kerap tersumbat oleh sampah.

“Kami selalu rutin kok melakukan opsih (operasi bersih) minimal seminggu sekali,” klaimnya.

Bukan itu saja, pihaknya juga mengaku selalu mengoperasikan pompa air, dimana pompa air tersebut berfungsi untuk membuang air ke luar.

“Namun terkadang curah hujan yang tinggi membuat banjir tak terbendung dan banjir masih menggenang di lokasi basemen pasar,” pungkasnya.(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here