Wednesday, 8 May 2024
HomeBeritaErdogan Buka Jembatan Gantung Raksasa Penghubung Eropa dan Asia

Erdogan Buka Jembatan Gantung Raksasa Penghubung Eropa dan Asia

Bogordaily.net besar-besaran yang melintasi Selat Dardanelles  dibuka Presiden Jembatan yang menghubungkan Eropa dan Asia ini merupakan proyek infrastruktur besar yang diprioritaskan selama dua dekade Erdogan berkuasa.

ini dibangun oleh perusahaan dan Korea Selatan dengan investasi senilai 2,5 miliar euro atau US$2,8 miliar. Jembatan ini menjadi keempat terpanjang di dunia dan terpanjang kedua di Eropa.

Melansir CNN Indonesia dari CNN.com, proyek itu menjadi pencapaian terbesar Erdogan sejak Partai AK pertama kali berkuasa pada 2002, termasuk bandara baru Istanbul, terowongan kereta api, dan jalan raya di bawah Selat Bosphorus Istanbul.

“Pekerjaan ini akan terus memberikan keuntungan bagi negara selama bertahun-tahun,” kata Erdogan pada upacara pembukaan peringatan kemenangan angkatan laut Ottoman 1915 melawan pasukan Prancis dan Inggris di Dardanelles selama perang dunia pertama.

Tahun lalu, Erdogan meluncurkan proyek yang disebut sebagai ‘proyek gila'. Sebuah kanal senilai US$15 miliar di Istanbul untuk mengurangi tekanan di Selat Bosphorus.

Namun, sejumlah pihak mengkritik proyek itu mengingat kesengsaraan ekonomi , risiko lingkungan, dan oposisi publik. Menjelang Pemilu 2023, jajak pendapat menunjukkan popularitas Erdogan turun. Hal ini membuat oposisi berpotensi menggulingkan Erdogan dari kursi presiden.

Oposisi utama CHP mengkritik potensi biaya jembatan yang begitu besar. Dalam laporan media, perjanjian build operate transfer mencakup jaminan pembayaran tahunan sebesar 380 juta euro atau US$420 juta kepada operator atau total 6 miliar euro.

Sementara itu pengerjaan proyek jembatan Dardanelles diluncurkan pada Maret 2017, dengan lebih dari 5.000 pekerja terlibat dalam pembangunannya.

Panjang tengahnya 2.023 meter (1,25 mil) mengacu pada peringatan 100 tahun Republik pada 2023. Ini adalah jembatan keempat yang menghubungkan pantai Eropa dan Asia di , di samping tiga yang dibangun di Istanbul.

Menaranya setinggi 318 meter (347,8 yard) dan total panjang jembatan adalah 4,6 km (2,9 mil) termasuk jembatan penghubung.

Kendaraan yang melakukan perjalanan antara Anatolia dan semenanjung Gallipoli harus melintasi Selat Dardanelles dalam satu jam perjalanan feri termasuk waktu tunggu sebanyak lima jam. Kini perjalanan hanya memakan waktu sekitar enam menit.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here