Monday, 29 April 2024
HomeBeritaFakta! Hewan Peliharaan Bantu Perlambat Fungsi Kognitif Lansia

Fakta! Hewan Peliharaan Bantu Perlambat Fungsi Kognitif Lansia

Bogordaily.net – Sebuah studi American Academy of Neurology, mengungkapkan bahwa memiliki di rumah dapat memberikan manfaat di luar dukungan emosional.

Dilansir Insider, pemilik yang sudah berusia lanjut memiliki tingkat penurunan kognitif lebih lambat dibanding mereka yang tidak punya hewan.

Para peneliti menggunakan data dari University of Michigan's Health and Retirement Study untuk membandingkan skor kognitif pemilik dan bukan pemilik .

Studi awal melibatkan beberapa tes untuk mengevaluasi memori dan kognisi selama periode enam tahun. Hasilnya mereka menemukan, pemilik hewan dalam jangka panjang lebih lambat 1,2 poin dalam penurunan kognitif dibandingkan orang tanpa .

Selama masa studi yakni enam tahun, peserta diberi skor pada skala 27 poin berdasarkan kemampuan kognitif mereka.

Lebih dari setengah partisipan studi melaporkan, memiliki pada saat survei dan 32 persen memiliki hewan selama lima tahun atau lebih.

Studi sebelumnya telah menggambarkan hubungan antara kepemilikan dan manfaat bagi kesehatan jantung, seperti detak jantung istirahat yang lebih rendah dan tekanan darah.

Sehingga ada kemungkinan bahwa pemilik hewan tidak mudah mengalami stres, meski belum ada bukti sebab dan akibat.

“Karena stres dapat mempengaruhi fungsi kognitif secara negatif, efek penyangga stres potensial dari kepemilikan hewan dapat memberikan alasan yang masuk akal untuk temuan kami,” penulis studi Tiffany Braley, seorang profesor neurologi di University of Michigan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here