Wednesday, 15 May 2024
HomeKota BogorFasilitas Lapangan Sempur Terbengkalai, Jogging Track Retak dan Mengelupas

Fasilitas Lapangan Sempur Terbengkalai, Jogging Track Retak dan Mengelupas

Bogordaily.net – Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Perumahan dan Permukaan (Disperumkim) membuka kembali taman-taman dan sarana olahraga untuk masyarakat umum, pada hari ini Senin, 14 Maret 2022. Namun dari sejumlah taman dan juga sarana olahraga yang baru kembali di buka itu ada salah satu taman atau sarana olahraga yang menjadi sorotan, yaitu yang terletak di Jalak Harupat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Berdasarkan pantauan Bogordaily.net, terlihat beberapa fasilitas penunjang seperti kursi atau tempat duduk yang terletak di samping tulisan Sempur sudah mengelupas, hingga kayu yang tertempel di kursi tersebut hilang.

Selain itu, karpet biru jalur jogging track atau jalur pelari yang mkengelilingi kondisinya sudah kusam, bahkan terlihat sudah mengelupas hingga mengangkat ke permukaan sehingga tidak seimbang dengan karpet yang ada disekitarnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Pengelolaan dan Keanekaragaman Hayati pada Disperumkim Kota Bogor, Irfan Zacky membenarkan kondisi tersebut.

Menurutnya, memang kondisi jogging track dan sejumlah fasilitas penunjang di sudah rusak dan mengelupas. Namun, untuk jogging track rencananya akan diganti secara keseluruhan di tahun tahun 2023 mendatang.

Kabid Pengelolaan dan Keanekaragaman Hayati Disperumkim Kota Bogor, Irfan Zacky. (Heri/Bogordaily.net)

“Kemarin kita sudah monitor, memang ada beberapa fasilitas di kondisi rusak, seperti jogging track dan kursi. Tetapi untuk jogging track kita selalu melakukan perawatan maupun pemeliharaan, hanya saja pemeliharaan ini hanya dilakukan tambal sulam sehingga dinilai tidak maksimal karena cepat rusak dan warnanya pun berbeda dengan karpet jogging track yang lama, jadi kita rencanakan akan menggantinya dengan yang baru,” kata Irfan Zacky saat ditemui Bogordaily.net, di kantornya, Senin, 14 Maret 2022.

Kendati demikian, pihaknya belum bisa menjelaskan anggaran yang diajukan untuk penggantian karpet jogging track tersebut. Alasannya, baru akan diajukan dan tahun ini baru sebatas DED (Detailed Engineering Design).

Jogging track Sempur itu kalau tidak salah di tahun 2016, sehingga usianya sudah lama. Jadi harus diganti dengan yang baru, karena kalau terus-terusan di tambal sulam hasilnya tidak efektif, karena material yang tertempel berbeda dengan yang sudah ada usia, jadi ketika kita tambal sulam tidak seimbang dan kembali rusak,” ujarnya.

Fasilitas Lapangan Sempur Terbengkalai
Kursi di sudah rusak dan mengelupas.(Heri/Bogordaily.net)

Selain kawasan Sempur, lanjut Irfan, di taman taman Kaulinan kondisinya sudah rusak dan terjadi korosi hingga usianya pun sudah lama, seperti ayunan anak-anak dan lain sebagainya, sehingga taman tersebut tidak direkomendasikan untuk di buka dan akan segera diperbaiki.

“Kemarin kita sudah monitor, memang ada beberapa yang sudah lapuk, usianya sudah lama dan terjadi korosi, khususnya anak-anak seperti ayunan dan lain sebagainya. Jadi ada beberapa yang perlu diperbaiki,” imbuhnya.*

(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here