Friday, 10 May 2024
HomeBeritaPandemi Lebih Mudah Dikendalikan, Begini Gaya Hidup Sehat ala Orang Jepang

Pandemi Lebih Mudah Dikendalikan, Begini Gaya Hidup Sehat ala Orang Jepang

Bogordaily.net– Meski sebelumnya beberapa kali mengalami lonjakan kasus Covid-19, Jepang menjadi salah satu negara maju yang berhasil mengendalikan . Di balik perjuangan itu, ternyata ada perilaku dan pola hidup bersih sehat (PHBS) atau sehat yang sudah diterapkan masyarakat Jepang jauh sebelum melanda.

Cerita ini dibagikan langsung dr. Adam Prabata yang sudah tinggal di Jepang sejak 2019 silam, sebelum Covid-19 melanda dunia.

Masih membekas dalam ingatan dr. Adam, bagaimana saat itu sebagai mahasiswa kedokteran ia datang ke kampus dalam keadaan bersin, karena alergi serbuk bunga sakura yang berguguran.

Ia pun tidak menyangka, ada mahasiswa yang lebih muda darinya yang sedang menempuh gelar strata satu menegurnya karena tidak memakai masker.

“Ada anak S-1 itu usia 19 hingga 20, bedanya hampir 10 tahun sama saya, dia enggak segan ditegur saya. Bilang ngomongnya sopan, tolong kalau lagi pilek itu harus pakai masker, karena kamu nularin orang di sekitar kamu, kamu harus tanggung jawab sama orang di sekitar kamu, tidak boleh egois,” cerita dr. Adam dalam acara diskusi Instagram Komunikasi Publik Satgas, yang dikutip dari Suara.com.

Adam awalnya cukup terperangah mendapatkan teguran itu, apalagi ia baru beberapa bulan datang ke Jepang. Namun, setelahnya ia mengerti dan cukup salut dengan budaya orang Jepang yang berani menasehati orang yang lebih tua, demi kebaikan bersama.

Selanjutnya ia mendalami dan mengetahui, adanya budaya hidup sehat yang sudah terbentuk di masyarakat Jepang, yaitu memakai masker dan bahkan tidak perlu keluar rumah saat sedang sakit atau demam.

“Jadi semenjak dulu kalau di Jepang merasa sakit terutama di saluran napas, kalau ke tempat umum harus pakai masker,” katanya.

“Budaya paling dasarnya sakit atau demam itu enggak boleh kemana-mana, kalau Covid-19 kenaikan levelnya, jadi kalau lagi nggak enak badan, termasuk diare, enggak usah dateng daripada nularin orang lain,” lanjutnya.

Sehingga saat Covid-19 terjadi, memakai masker dan mencuci tangan bukan jadi hal baru dan aneh bagi masyarakat Jepang.

Inilah yang menurut dr. Adam, membuat Negeri Sakura itu cukup mudah mengendalikan , karena perilaku dan kebiasaan masyarakatnya untuk hidup sehat sudah terpatri dalam kehidupan sehari-hari.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here