Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaIbu Hamil Boleh Puasa atau Tidak? Begini Penjelasannya

Ibu Hamil Boleh Puasa atau Tidak? Begini Penjelasannya

Bogordaily.net–  Bulan suci sudah di depan mata. Bagaimana dengan ? Apakah boleh puasa atau tidak selama ? Lalu bagaimana risiko yang terjadi jika berpuasa? Nah berikut rangkuman Suara.com dari dari kanal YouTube TANYAKAN DOKTER berikut ini.

Bolehkah berpuasa?

Puasa artinya membatasi waktu makan dan minum ke dalam tubuh. Kita telah mengetahui bahwa asupan nutrisi yang cukup setiap harinya sangat diperlukan oleh dan janin dalam kandungan. Lalu, boleh puasa atau tidak? Sebenarnya, ibu hamil diperbolehkan untuk berpuasa. Namun, kita harus mengetahui beberapa hal terlebih dahulu.

Kapan waktu tepat ibu hamil puasa?

Jawabannya adalah ketika mulai masuk ke periode trimester kedua, yaitu sekitar usia kandungan 13 minggu hingga 28 minggu. Secara , usia kehamilan pada trimester kedua dinyatakan sudah cukup kuat dan ibu hamil lebih nyaman dengan kondisinya. Berbeda dengan trimester pertama, ibu hamil umumnya mengalami mual hingga asam lambung yang cukup mengganggu.

Ibu hamil yang berpuasa di usia kehamilan memasuki trimester ketiga juga tidak disarankan. Pada usia kehamilan ini, ibu hamil memerlukan lebih banyak kalori dibanding periode kehamilan sebelumnya. Berat janin dalam kandungan pada trimester ketiga juga bertambah pesat sehingga ibu hamil lebih mudah cepat lelah, haus, dan lapar.

Jadi, kondisi tubuh ibu hamil trimester ketiga bisa dikatakan diforsir yang membuat tubuh tidak nyaman.

Lalu, bagaimana jika ibu hamil ingin berpuasa meski usia kehamilan masih trimester pertama atau sudah trimester ketiga? Apabila dipaksakan untuk berpuasa, keputusan ini kembali kepada kondisi masing-masing ibu hamil.

Namun, tentu akan lebih baik jika berkonsultasi kepada obgyn atau dokter kandungan masing-masing tentang keamanan berpuasa untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Melalui pemeriksaan, dokter kandungan dapat menentukan serta memantau kondisi ibu hamil dan janin apabila memutuskan berpuasa.

Apa yang Harus Diperhatikan saat Ibu Hamil Berpuasa?

Tetap mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan seperti biasanya

Cara mudahnya, geser waktu makan selama berpuasa. Misalnya, pada hari biasa, ibu hamil makan tiga kali. Nah, saat berpuasa, dianjurkan tetap makan tiga kali, yakni saat berbuka, malam hari, dan sahur. Dengan asupan makanan yang cukup, kebutuhan nutrisi ibu hamil dan bayi tetap tercukupi.

Perhatikan asupan cairan untuk memproduksi air ketuban lebih banyak dan tubuh tetap sehat

Meski berpuasa, ibu hamil harus tetap memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi minimal 2 liter air putih setiap hari. Caranya adalah memperbanyak minum saat berbuka, malam hari, dan sahur.

Jangan lupa mengonsumsi vitamin sesuai resep dokter

Vitamin juga penting sebagai tambahan nutrisi untuk tubuh dan janin, mulai dari asam folat, zat besi, kalsium, vitamin D, Omega 3, Omega 6, dan sejenisnya.

Pemeriksaan rutin

Lakukan pemeriksaan rutin sebelum, saat, dan setelah berpuasa untuk memantau kondisi ibu hamil dan janin dalam kandungan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here